Tim SAR Gabungan Mamuju Fokuskan Pencarian Korban di 20 Sektor dan 12 Titik Prioritas

NASIONAL122 Dilihat

SULBAR, INFODESANEWS | Operasi pencarian dan pertolongan yang dilakukan Tim SAR Gabungan Kabupaten Mamuju terus memfokuskan pencarian korban di 20 sektor dan di 12 titik prioritas, yang diperkirakan masih ada korban yang terperangkap oleh timbunan material gedung, rumah yang mengalami rusak berat.

Hal ini disampaikan Kepala Basarnas Mamuju, Saidar Rahman Jaya, pada media ini, di sela-sela memimpin breafing sebelum tim SAR Gabungan di berangkatkan ke titik lokasi pencarian, Selasa 19 Januari 2021.

Ia mengatakan, Basarnas bersama Tim SAR Gabungan terus melakukan pencarian korban di 20 sektor yang tersebar di 4 kelurahan terdampak, diantaranya Kelurahan Binanga, Kelurahan Rimuku, Kelurahan Karema, dan Kelurahan Simboro.

“Dari empat kelurahan yang terdampak tersebut dibagi menjadi 20 sektor dan 12 titik prioritas pencarian,” ujar Saidar.

Menurut Saidar, Tim SAR Gabungan dalam operasi pencarian, sebelumnya berbagai langkah yang telah dilakukan, diantaranya dengan melakukan penyisiran kembali ke titik kordinat yang telah dilalui. Namun atas dukungan dari bagian K9 Polri dengan mengerahkan anjing pelacak serta alat pendeteksi sehingga dapat mempercepat pencarian.

“Korban tidak ada lagi di titik-titik koordinat yang telah dilalui sebelumnya,” jelas Saidar.

Lebih lanjut, Saidar mengapresiasi Tim SAR Gabungan atas kekompakan serta kerjasama yang maksimal dalam operasi pencarian hingga hari ini korban sudah dapat di evakuasi dalam keadaan meninggal tercatat sudah berjumlah 90 orang.

“Data Basarnas tercatat korban meninggal 79 orang di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majene. Korban ditemukan dan dievakuasi di Family Mart, Jalan Monginsidi, Jalan Kastubun, di Bengkel Rappang dan beberapa wilayah lainnya,” jelas Saidar.

Dalam upaya pencarian korban, Saidar Rahman menghimbau kepada seluruh anggota tim SAR Gabungan untuk selalu mengutamakan safety, disiplin dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat, dengan tetap memakai masker. (yus/ben).

Berita Terkait

Baca Juga