Tim Seterilisasi Sat Sabhara Dan Unit K9 Polres Blora Sisir Gereja Jelang Ibadah Natal

NASIONAL41 Dilihat

Blora, Infodesanews.com – Kepolisian Polres Blora telah melakukan sterilisasi di sejumlah gereja sebelum diadakannya ibadat perayaan malam missa Natal kemarin sampai perayaan natal hari ini, Senin (25/12).

Selain itu, pengamanan juga dilakukan dengan menyediakan petugas pembawa alat metal detector di pintu masuk gereja untuk memeriksa setiap barang yang dibawa oleh masyarakat saat hendak memasuki gereja.

Kabag Ops Polres Blora Kompol Zuwono mengungkapkan sterilisasi gereja merupakan kegiatan yang sudah dilakukan dari tahun ke tahun. Hal itu untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya ancaman teror di rumah ibadah.

“Kami akan persiapkan (sterilisasi) dan memang sudah dilakukan sejak tahun-tahun yang lalu, misalnya untuk gereja-gereja kita sterilisasi dan hampir semua gereja pun dilakukan oleh Polsek jajaran yang ada diwilayahnya masing-masing,” ujarnya, Senin (24/12).

Sterilisasi di 5 gereja dilakukan menjelang peringatan Natal umat Kristiani, di Kota Blora. Anggota Sabhara Polres blora yang melakukan sterilisasi, tidak menemukan kondisi yang berbahaya atau mencurigakan selama sterilisasi itu.

Kabag Ops kembali menuturkan saat ditemui di Gereja Katolik Santo Pius di Jalan Pemuda menuturkan, sterilisasi gereja adalah kewajiban bagi pihak kepolisian. Tujuannya, Menurutnya, penyisiran ini dilakukan untuk mendeteksi awal gangguan yang tidak diinginkan sebelum umat kristiani melaksanakan ibadah dalam rangka perayaan Natal.

“Sesuai SOP yang ada, diminta atau tidak, kami wajib melakukan sterilisasi gereja menjelang Natal. Sehingga, ibadat yang dilakukan jemaah gereja dapat berjalan lancar,” terangnya.

Ada 10 anggota yang diterjunkan untuk sterilisasi. Mereka menyisir 5 gereja menggunakan alat metal detector termasuk tim K-9. Di antaranya, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Gereja Santo Pius, Gereja Bethany, Gereja Kristen Jawa dan GKJTU.

“Untuk saat ini tak ditemukan benda yang mencurigakan. Selanjutnya, kami akan awasi atau pantau terus proses ibadah ini sampai selesai,” tambahnya.

Pasca sterilisasi dilakukan, anggota berjaga di tiap gereja. Juga ada tim yang berpatroli keliling. “Nanti tiap gereja dijaga petugas. Selain itu juga akan ada anggota yang patroli keliling,” imbuhnya.(IKS/AR)