Gus Ni’am Diusulkan Jadi Bakal Calon Bupati Pati

PATI – INFODESANEWS.COM, Waktu pemilihan kepala daerah Kabupaten Pati untuk periode 2024-2029 semakin dekat, suasananya semakin semarak dengan mulainya para partai politik (parpol) melakukan rekrutmen terbuka bakal calon kepala daerah Kabupaten Pati untuk lima tahun ke depan.

Banyak nama tokoh mulai muncul dan mendaftarkan diri atau pun didaftarkan oleh simpatisan atau organisasi pendukungnya. Umumnya berlatar belakang pengusaha, politisi senior, birokrat dan tokoh masyarakat.

Tapi ada yang menarik yaitu munculnya nama pria berusia empat puluh empat tahun yang akrab disapa  Choirun Ni’am atau Gus Ni’am. Sebab ia adalah seorang pendakwah, guru ngaji dan pimpinan sebuah pesantren di Kabupaten Pati yaitu Pondok Pesantren Dhiya’ul Qur’an, Jl. KH. Ahmad Mutamakkin, Kajen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Saat Bersama Santri Penghafal Al Quran (foto.dok)
Gus Ni’am Saat Bersama Santri Penghafal Al Quran (foto.dok)

Umumnya orang mengenal politik penuh dengan permainan kotor dan manipualtif, sehingga umumnya dijauhi oleh orang-orang yang memiliki kontribusi kuat terhadap agama atau lembaga agama.

Berbeda halnya dengan Gus Ni’am. Ia menerima dirinya diusulkan oleh masyarakat dan para santrinya maju di Pilkada Pati 2024-2029.

Menurut Abah Utoyo, tokoh masyarakat Pati, Gus Ni’am adalah orang yang tepat untuk menjadi pemimpin di Kabupaten Pati. “Saya kira sangat tepat jika Pati Bumi Mina Tani dipimpin Gus Ni’am,” ujarnya.

Sementara itu, Gus Ni’am sendiri saat ditanya apa alasannya untuk menerima usulan tersebut, mengaku merasa terpanggil membenahi dan membangun Pati dan melihat keadaan masyarakat saat ini. “Semestinya daerah kita Kabupaten Pati ini bisa lebih maju jika dikelola dengan baik dan memaksimalkan semua sisi dengan komprehensif,” ujarnya.

Dikatakan salah satu visinya adalah menjadikan Kabupaten Pati sebagai daerah yang beriman dan berkeadilan sebagai landasan mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Jadi ada tiga kata kunci dalam visinya, yaitu iman, adil dan sejahtera. Karena inilah pokok masalah yang dihadapi masyarakat saat ini.

Ada pun visi dan misinya secara lengkap yaitu;

Visi: Menjadikan Kabupaten Pati daerah yang beriman sebagai landasan utama dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Misi:
1. Memperkuat keimanan dan nilai-nilai spiritual sebagai fondasi pembangunan untuk menciptakan masyarakat yang lebih beradab dan bertanggung jawab.
2. Menegakkan keadilan dalam segala aspek kehidupan, mulai dari pemerataan akses terhadap layanan publik hingga perlakuan yang adil dalam hukum dan kebijakan.
3. Mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.
4. Mengembangkan infrastruktur fisik dan sosial yang mendukung peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara merata.
5. Memberdayakan masyarakat melalui program-program pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan ekonomi guna memastikan bahwa setiap individu dapat meraih potensinya secara maksimal dalam suasana yang beriman, adil, dan sejahtera.

Adapun langkah yang diambil oleh Gus Ni’am ini menunjukkan tekadnya untuk membawa perubahan positif bagi Kabupaten Pati.

Dengan latar belakangnya sebagai tokoh agama, ia berharap dapat membawa nilai-nilai spiritual ke dalam pemerintahan, serta menciptakan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera. (Red)