Video Pengibaran Bendera Ukuran 7×4 Meter Di Air Terjun Way Tayas

INFODESA140 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Para Pemuda Pokdarwis dan para Pecinta Alam serta penggiat Literasi gelar upacara detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 74 Republik Indonesia, dengan mengibarkan Bendera Merah Putih sepanjang 7×4 meter di Air terjun Way Tayas Desa Sukaraja Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan. Sabtu (17/8/2019)

Ketua panitia penyelenggara Syaifulloh, kegiatan ini merupakan kali pertama yang di lakukan sepanjang HUT RI.

Ini semua dapat terlaksana tentunya adanya dukungan dari semua pihak khususnya pemerintah desa setempat.

Menurut Syaifulloh Pengibaran Bendera Merah putih di air terjun Way Tayas ini, memiliki makna khusus, sebab kami sengaja membuat bendera dengan ukuran 7 x 4 meter yang melambangkan HUT ke-74 RI.

“Untuk peserta upacara sebanyak 53 orang peserta dengan rincian 45 orang untu peserta upacara dan 8 orang sebagai paduan suara, sedangkan lokasi ketinggian 17 meter. Itu semua kami ambil dengan simbol tanggal 17 Agustus tahun 1945 ,dimana Indonesia telah Merdeka dan menjadi tanggal dan tahun yang bersejarah hingga saat selalu di kenang dan peringati oleh seluruh bangsa Indonesia.”ujarnya.

Lebih lanjut Syaifulloh mengatakan upacara pengibaran bendera merah putih peringatan HUT Ke-74 RI, di air terjun Way Tayas, ini dapat dijadikan sebuah momen istimewa, karena baru pertama kali dilakukan dan melibatkan warga yang sudah berlatih,” kata Ipung sapaan akrabnya pada Infodesanews.com.

Dijelaskan Upacara pengibaran bendera merah putih di air terjun Way Tayas diklaim menjadi perjuangan, karena merefleksikan beratnya para pejuang dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Upacara di air terjun Way Tayas sebagai objek wisata, membawa pesan pentingnya menjaga lingkungan, alam agar tetap lestari serta ”Mari terus kita kibarkan setinggi-tingginya di NKRI. Untuk kebanggaan, kehormatan, kejayaan negaraku tercinta Republik Indonesia. Luar biasa, terima kasih semoga kesan dan pesan bendera merah putih dari lembah Sumilir ini didengar dan dilihat seluruh rakyat Indonesia, Untuk kejayaan bangsa Indonesia,” “Selain menjadi momen istimewa, peringatan kemerdekaan ini kami ingin memperkenalkan potensi wisata air terjun Way Tayas,” tandas Syaifulloh.

Neida Aisiah, salah seorang anggota paduan suara mengaku sangat terharu menggelar upacara di air terjun Way Tayas.
“Sebab kegiatan ini baru pertama kali dilakukan oleh warga Desa Sukaraja. Perjuangan menuju ke lokasi air terjun, khidmatnya upacara, diakuinya menjadi momen bersejarah.”ujar Nadia seraya mengeluarkan Air mata haru.

Selain bisa menikmati kesegaran alami air Gunung Rajabasa, jiwa nasionalisme dan patriotisme ditanamkan saat upacara di air terjun Way Tayas. “Menempuh rute yang melelahkan menjadi kebanggaan bagi kami upacara pengibaran bendera merah putih berjalan lancar,” ujar Pengiat Literasi Sugeng Hariyono. (Sg)

Berita Terkait

Baca Juga