Warga Desa Sinarpalembang Tuntut Kadesnya Mundur

INFODESA, NASIONAL114 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS —
Puluhan warga Desa Sinarpalembang, Kecamatan Candipuro,Kabupaten Lampung Selatan, menggelar unjuk rasa di halaman balai desa setempat, Kamis (1/10/2020)

Unjuk rasa yang didominasi emak-emak dengan membawa poster itu berorasi menuntut Kepala Desa Sinarpalembang, Sukoco mundur dari jabatannya.

Berdasarkan informasi yang didapat Infodesanews.com, Hal tersebut terjadi akibat kekesalan warga Desa Sinarpalembang terhadap kepemimpinan Kades Sukoco yang dinilai masyarakat arogan, dengan memecat Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tanpa adanya alasan yang jelas.

Selain itu, masyarakat juga menila Sukoco selama memimpin desanya tidak pernah melibatkan masyarakat dalam musyawarah terkait pembangunan yang berdasarkan APBDes.
“Persoalannya banyak, diantaranya pengelolaan Bumbes yang tak ada ujudnya, ditambah dengan pemberhentian BPD tanpa alasan yang jelas.”kata salah seorang pengunjuk rasa Lim.

Sejak kepemimpinan Kepala Desa Sukoco, sekitar tahun 2019 silam, gaji dan Bantuan Operasional (BOP) BPD dan insentif sejak Bulan Januari 2020,belum di bayar hingga saat ini.
“Sejak awal memang sudah banyak masalah,” ujar Wanti (33) warga lainnya.

Koordinator lapangan aksi massa Sudaryanto menjelaskan tuntutan warga agar Kades mundur merupakan harga mati.
“Tuntutan kami minta Kades mundur dari jabatannya,” kata dia pada Infodesanews.com.

Ia sangat menyayangkan pada saat unjuk rasa, Kepala Desa tidak hadir di balai desa dan menemui para pendemo.
“Kami diajak mediasi dengan pak Camat Candipuro, tapi tidak ada hasil karena Kades tidak hadir,” ujarnya.

Ditempat yang sama Camat Candipuro Wasidi,SE, mengatakan, secepatnya memanggil kepala desa terkait unjuk rasa dan tuntutan warga.
“Saya akan segera panggil Kades,” kata dia.

Dijelaskan, “Nanti hasil mediasi dengan warga yang berunjuk rasa akan kami sampaikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.”imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Sinarpelembang, Sukoco tidak mengangkat telponya saat dihubungi oleh awak media, meskipun dalam keadaan aktif.

Akhirnya Aksi unjuk rasa yang berlangsung damai di bawah pengawalan jajaran Polsek Candipuro, Polres Lampung Selatan, serta Koramil 421-07/Sdm, dan Anggota Satpol PP, membubarkan diri setelah di mediasi oleh Camat, Kapolsek Candipuro, Danramil 421-07/Sdm dan Sat Pol PP. (Sg)

Berita Terkait

Baca Juga