Denga CMS Menuju Desa Transparansi Dan Akuntabilitas Penatausahaan Keuangan Desa Lebih Baik

INFODESA, NASIONAL36 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Kerjasama Pemerintah Kabupaten Blora bersama Bank Jateng secara resmi meluncurkan program Cash Management System (CMS) dalam rangka meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penatausahaan keuangan desa.

Hal itu di ungkapkan Bupati Blora Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, untuk sistem keuangan 271 desa di Kabupaten Blora. Mulai 1 Juli 2023, desa-desa tersebut akan menggunakan layanan CMS agar transparansi dan akuntabilitas penatausahaan keuangan desa lebih TRansparansi. Dimana sebelumnya, pada tanggal 10 Agustus 2022, layanan CMS Bank Jateng telah diluncurkan sebagai pilot project di 42 desa.

Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Blora terus berupaya untuk membangun desa yang lebih baik.

” Layanan CMS di desa bertujuan untuk memastikan penatausahaan keuangan desa yang lebih transparan dan akuntabel. Pada tahun 2023 ini, dan pemerintah desa telah menggunakan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi V.2.0.5 sebagai langkah bersama untuk meningkatkan kualitas desa,” ujarnya.

Bupati Arief menjelaskan bahwa penggunaan layanan CMS mulai 1 Juli 2023 akan menjadi sarana transaksi belanja untuk semua kegiatan yang terdapat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

” saya berharap agar Bank Jateng Cabang Blora dan seluruh cabang pembantuannya tidak melayani proses tarik tunai dana yang masuk ke APBDes,” tegasnya.

Bupati Arief juga memberikan apresiasi kepada Bank Jateng atas kerjasamanya selama ini dalam membangun keuangan Blora, khususnya di tingkat desa, yang semakin baik.

” Cash Management System (CMS) merupakan salah satu jenis layanan pengelolaan keuangan yang ditujukan untuk nasabah non-perorangan (perusahaan/lembaga), di mana nasabah dapat mengelola keuangannya secara online,” Ujarnya

” Dengan Peluncurn program CMS ini, diharapkan sistem keuangan desa di Kabupaten Blora semakin efektif, transparan, dan terkelola dengan baik untuk kemajuan dan kesejahteraan desa-desa di wilayah tersebut,” pungkas bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si,

Senada dengan itu, satu Kades kecamatan Tunjungan, Kaepala desa ( Kades Tutup ) Koko Sungkowo kepada Infodesanews di Kantornya menyambut baik program  CMS di mana dalam upaya meningkatkan transparansi penggunaan keuangan.

” Kami menyambut baik progran ini, dan selain transparansi penggunaan anggaran begitu baik, kami juga akan merasa lebih aman dan amanah dalam penggunaan anggaran yang dimanatkan pemerintah , ” tegasnya.***Red