Pesta Rakyat Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 78, Kegiatan Digagas Pemdes Sinergi Pemuda Karang Taruna Desa Kalotok

NASIONAL26 Dilihat

SULAWESI SELATAN, INFODESANEWS – Pesta Rakyat HUT Ke-78 RI, jadi cara warga Desa Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan memeriahkan Hari Kemerdekaan.

Hal itulah yang terlihat pada Sabtu (19/8/2023) malam kemarin. Pesta Rakyat sendiri, adalah kegiatan digagas Karang Taruna Babana Kapepuangan dan pemuda Kalotok dari rantau.

Ketua Pelaksana Hamrul pada media ini mengatakan bahwa, kegiatan tersebut bukan hanya bertujuan memeriahkan dan mengingat perjuangan semata, tapi juga menggagas kekompakan warga setempat.

“Alhamdulilah kami kembali menghadirkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Pada tahun ini kami membawa semangat ‘pesta rakyat’. Maksudnya, bahwa kegiatan ini adalah hajat kita bersama, dan ini adalah momentum untuk mempertegas kekompakkan serta eksistensi rakyat atau warga Desa Kalotok,” sebutnya.

Kegiatan sendiri digelar selama sebelas hari di lapangan sepakbola setempat. Warga, nampak semangat dan antusias ikut memeriahkan acara tersebut dengan dihadiri aparatur pemerintahan desa, para sesepuh-tokoh masyarakat, anak-anak, remaja dan dewasa, bahkan mantan Bupati Luwu Utara Arifin Djunaidi dan anggota DPRD Lutra Rafika Said nampak pula hadir di malam terakhir mengikuti Komedi karang taruna.

Pesta Rakyat sendiri diisi berbagai perlombaan. Untuk anak-anak ada lomba sepakbola mini, muka stoking dan lari balap karung helm. Sementara untuk untuk umum laki-laki dan perempuan ada bola kasti, tarik tambang, tarung bantal, bola corong, panjat pinang dan lari gendong isteri.

Adapun puncak acara, yaitu pesta rakyat dilaksanakan di malam hari. Dengan rangkaian kegiatan penampilan seni tari dan drama komedi ‘SARMA’ (Ketika Saro Mase Jadi Saro Mate).

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Babana Kapepuangan Desa Kalotok, Aco Pugalu juga turut mengungkapkan rasa syukur serta rasa bahagianya. Sebab kegiatan berjalan dengan lancar, sukses, dan tanpa ekses. Terlebih ini merupakan kegiatan 17-an akbar perdana, setelah gempuran pandemi covid tiga tahun silam.

“Tahun lalu kami sendiri sudah mulai kembali menggelar peringatan HUT RI dengan skala tidak terlalu besar. Kemudian, tahun ini alhamdulilah kami bisa kembali menggelar peringatan agak akbar di lapangan sepakbola,” ungkapnya. (Yustus)