Hari Kesaktian Pancasila, Kasdim 0906/Kutai Kartanegara Sebut Pancasila Adalah Ideologi Negara

INFODESA28 Dilihat

Kutai Kartanegara. infodesanews.com–    Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0906/Kutai Kartanegara (Kkr), Mayor Inf. Mahfudz menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah kabupaten Kukar bertempat di halaman kantor Bupati Kukar jalan Wolter Mongonsidi kelurahan Timbau Kecamatan Tenggarong. Minggu (01/10/2023)

Upacara yang digelar dalam rangka mengenang sejarah dan penghormatan perjuangan Pahlawan Revolusi yang telah gugur mempertahankan ideologi Pancasila tersebut dipimpin oleh Staf Ahli Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Ahyani Fadianur Diani dengan bertindak selaku Komandan Upacara Danramil 0906-01/Tenggarong, Lettu Inf. Adhi Irawan.

Usai pelaksanaan upacara, Kasdim 0906/Kkr Mayor Inf. Mahfudz mengungkapkan bahwa peringatan hari Kesaktian Pancasila  adalah hari peringatan dimana kedudukan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi dan dasar negara Indonesia sempat mendapat tentangan dari kelompok tertentu yakni Partai Komunis Indonesia (PKI).

“Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara yang menyatukan berbagai keragaman yang ada sekaligus memadukan kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa dan negara yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat , adil dan makmur”, tuturnya.

“Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air, mari kita gelorakan terus semangat Pancasila untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa”, pungkas Kasdim.

Dengan tema Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di kabupaten Kukar melibatkan personel dari Kodim 0906/Kkr, Polres Kukar, Satpol PP Kukar, BPBD Kukar serta para pelajar SMA dan SMK yang ada di kecamatan Tenggarong. (Mur)*