Luwu Timur Pamerkan Produk Inovasi Mahasiswa ATS Di Pekan Inovasi Daerah

INFODESA15 Dilihat

LUWU TIMUR, INFODESANEWS -melalui Badan perencanaan, penelitian dan pengembangan Daerah Kab. Luwu timur bekerjasama Akademi teknik Sorowako (ATS) ikut berpartisipasi pada Pekan Inovasi Daerah Sulawesi Selatan 2019 yang digelar Pemprov Sulawesi Selatan. Kegiatan yang dibuka oleh Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, bertempat di GOR Universitas Hasanuddin Makassar, Kamis (01/08/2019).

Kegiatan Pekan Inovasi Daerah Sulawesi Selatan telah menjadi agenda tahunan Balitbangda Provinsi Sulawesi Selatan di gelar yang di ikuti sejumlah daerah di Sulawesi Selatan. Selain itu peserta pameran ini juga diikuti dari perguruan tinggi, badan penelitian dan pengembangan di tiap daerah serta unsur dari kementerian perindustrian.

Pekan Inovasi Daerah ini digelar dalam rangka menyemarakkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun 2019. akan di gelar selama selama 3 hari pada tanggal 1-3 Agustus 2019 bertempat di gedung olah raga Universitas Hasanuddin dan diikuti beberapa kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan juga universitas yang ada di Kota Makassar.

Mengangkat tema ‘Inovasi Untuk Daya Saing Daerah’ stand Kabupaten Luwu Timur menampilkan beragam produk hasil inovasi terbaik yang diciptakan Anak ATS. Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Luwu Timur bersama dengan Akademi teknik Sorowako (ATS) menampilkan sejumlah inovasi, yakni. inovasi Mesin penggulung kumparan motor berbasis mikrokontroler, Alat penanam padi dan oven listrik.

Sementara itu Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb mengatakan Hasil keluaran yang diharapkan dari Pekan Inovasi Daerah ini adalah berupa rekomendasi kebijakan penguatan inovasi daerah dan inkubator bisnis teknologi untuk menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan yang berdaya saing di Sulawesi Selatan.

Serta diperolehnya produk kelitbangan dan inovasi teknologi terbaik melalui lomba karya ilmiah dan inovasi teknologi tingkat SMA sederajat, tingkat mahasiswa Perguruan Tinggi se Sulawesi Selatan,”ujar Iqbal Suhaeb yang juga Kepala Balitbangda Provinsi Sulawesi Selatan.

Disela kunjungannya ke stand Luwu Timur Iqbal Suhaeb sangat kagum melihat produk-produk inovasi yang ditampilkan mahasiswa Akademi Teknik Sorowako (ATS).

Akademi Teknik Sorowako (ATS) yang berada di Luwu Timur merupakan salah satu ingkubator pengembangan TTG di Daerah Sulawesi Selatan dan merupakan aset Pemerintah Daerah dalam pengembangan teknologi tepat guna (TTG),”ucapnya.

Melalui Pekan Inovasi Daerah Sulawesi Selatan ini, Sudah ada peserta UMKN meminta di buatkan rancangan bangun alat pengering rumput laut yang lebih ekonomis, dan Universitas muslim indonesia meminta adanya kola borasi dalam rancang bangun prodak teknologi tepat guna dengan Akademi Teknik Sorowako (yul)