Puskesmas Mengevaluasi Sistem Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dipantau Wakil Bupati Pati

INFODESA20 Dilihat

PATI,Infodesanews.com – Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin), hari ini memantau beberapa Puskesmas untuk mengevaluasi sistem pelayanan kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Dengan didampingi Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Safin mengunjungi Puskesmas Batangan, Jaken, Jakenan, Pucakwangi I, Pucakwangi II, Winong I dan Winong II.

Evaluasi ini, menurut Wabup dilakukan lantaran pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas adalah salah satu bukti bahwa pemerintah hadir di tengah masyarakat.

“Kepada tim medis kami meminta agar mereka tetap mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, sebab mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Jadi semestinya tim medis tidak ada alasan untuk takut terhadap pandemi yang sedang terjadi saat ini”, terang Wabup.

Lebih lanjut Safin menjelaskan bahwa di saat perang melawan virus, semua harus siap. “Ya seperti tentara di depan. Dimana saat ini negara dan masyarakat sangat membutuhkan peran tenaga medis, saatnya untuk berbakti kepada ibu pertiwi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19”, tegasnya.

Selain itu, Safin pun menghimbau agar dalam melaksanakan tugas, hendaknya mereka selalu menerapkan protokol penanganan Covid-19, yakni dengan memakai APD sesuai standar, serta tetap semangat dan selalu menjaga kesehatan,Selasa (12/5/20).

“Bagaimanapun juga pelayanan dengan SOP kesehatan harus konsisten diterapkan. Selain itu, promosi kesehatan dan cara pencegahan penyakit pun perlu dilakukan dengan baik”, jelasnya.

Hal itu, lanjut Wabup, sekaligus diharapkan mengedukasi masyarakat untuk terbiasa melakukan pola hidup sehat dan bersih tanpa menunggu adanya wabah virus seperti ini sehingga kekhawatiran berlebih pada kondisi saat ini tidak perlu terjadi.

Selain melakukan evaluasi, di kesempatan itu, Wabup juga sekaligus menyalurkan kembali bantuan 100 masker dan 50 hazmat kepada tiap Puskesmas yang disinggahi.(@gus)