Bersama Forkopimda, BPBD Pati Gelar Apel Siaga Bencana 2020

NASIONAL25 Dilihat

PATI, INFODESANEWS – Antisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Pati kemarin pagi digelar apel siaga bencana di depan halaman kantor BPBD Kabupaten Pati. Sabtu (31/10/2020)

Wilayah Kabupaten Pati termasuk dalam kategori rawan bencana alam sehingga perlu adanya langkah antisipasi dari pemerintah daerah bersama BPBD, seluruh stakeholder dan semua komponen masyarakat guna meminimalisir dampak yang terjadi apabila sewaktu-waktu bencana alam melanda.

Hal ini terkait dengan perubahan musim pada ahir bulan oktober 2020 sudah memasuki musim hujan, sehingga berbekal pengalaman yang lalu, kemungkinan terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung yang kerap kali menghampiri Kabupaten Pati.

Inilah yang mendorong BPBD Kabupaten Pati yang bersinergi bersama Pemda, TNI-Polri menggelar apel siap siaga bencana yang dihadiri oleh Forkopimda Pati, Kepala OPD Pati dengan peserta apel dari Prajurit kodim 0718/Pati, anggota polres Pati, BPBD kab. Pati, Tagana, Damkar, PMI Pati, Tim SAR dan Relawan Kabupaten Pati lainnya.

Apel pagi yang dimulai pada pukul 07.50 wib di depan kantor BPBD jl. Pati – kudus desa Margorejo Kecamatan Margorejo ini mengusung tema “ Dengan sinergitas akan terbangun ketangguhan masyarakat menghadapi bencana”.

Bupati Pati H.Haryanto, SH, M.M, M.Si sebagai pembina apel menyampaikan bahwa Kabupaten Pati ini dengan letak geografisnya termasuk daerah yang rawan terkena bencana alam.

“Yang sering terjadi bencana alam diwilayah Kabupaten Pati adalah bencana kekeringan dan bencana banjir, dan bencana alam ini tidak bisa kita rencanakan, bencana alam datang dengan tiba – tiba.”Ujarnya.

Haryanto juga mengatakan, “Bencana alam bukan tugas BPBD saja tapi tugas kita semua, apalagi sekarang ini masih dalam keadaan pandemi, sehingga kita harus bersatu padu dalam menghadapi bencana alam yang akan terjadi,”Terang Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang bersinergi untuk menghadapi bencana serta menyampaikan apresiasi kepada relawan Kabupaten Pati yang telah tulus berjuang serta sudah banyak kontribusi kepada masyarakat terkait kiprahnya dalam penanggulangan bencana alam diwilayah Kabupaten Pati.

Usai kegiatan apel pagi dilanjutkan pemeriksaan alat serta peralatan oleh Forkopimda Kabupaten Pati yang akan digunakan dalam kegiatan penanggulangan bencana alam.