BNPB Kemas Sosialisasi Kebencanaan Dalam Pentas Wayang Kulit

INFODESA185 Dilihat

BLORA, Infodesanews.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah melaksanakan sosialisasi kebencanaan kepada masyarakat umum yang dikemas dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Blora, Sabtu (9/9/2017) malam ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Blora, Sri Rahayu, kemarin. Ia mengatakan bahwa kali ini Blora dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan sosialisasi kebencanaan dari BNPB dan BPBD Provinsi.

“Sosialisasi kebencanaan akan diberikan oleh Kapusdatinmas BNPB Bapak Dr Sutopo Purwo Nugroho dalam pentas wayang kulit bersama Ki Warseno Slenk besok Sabtu malam mulai 19.00 WIB di Blok T Blora. Lakon yang dimainkan adalah Semar Mbangun Kahyangan,” ucap Sri Rahayu.

Dimana dalam acara tersebut rencananya akan dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, jajaran pimpinan BPBD Provinsi Jawa Tengah dan seluruh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

Tujuannya, menurut Sri Rahayu adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas tentang kebencanaan. Sehingga masyarakat bisa tahu langkah-langkah tanggap kebencanaan jika suatu hari terjadi bencana alam di sekitarnya. Sekaligus memberikan hiburan pelestarian seni budaya tradisional kepada warga Blora.

Selain itu, menurutnya BNPB juga akan melaksanakan program BNPB Mengajar pada Sabtu paginya bertempat di wilayah yang rawan bencana.

“Untuk program BNPB Mengajar kami arahkan di Kelurahan Ngelo dan Kelurahan Karangboyo Kecamatan Cepu yang rawan banjir ketika musim hujan datang. Sasarannya adalah anak-anak SD atau pelajar. Mereka akan diberikan pengetahuan tentang dasar-dasar tanggap bencana,” jelasnya. (rsa-Tim)

Berita Terkait

Baca Juga