Bukan Hanya Semata Financial, Sehingga di Fasilitasi Pendidikan Financial Literasy bagi Anggota CUSS

INFODESA, NASIONAL46 Dilihat

SULAWESI SELATAN, INFODESANEWS | Banyak orang berpandangan bahwa, manfaat bergabung dengan Credit Union Sauan Sibarrung (CUSS) berupa manfaat financial (Keuangan), dimana kita bisa memperoleh akses layanan keuangan dengan lebih mudah, cepat, dan menguntungkan.

Pendidikan Financial Literacy yakni, pendidikan bagi yang sudah anggota untuk meningkatkan kemampuan mengelola dan menata keuangan keluarga sesuai dengan tujuan hidupnya untuk menjadi anggota di Credit Union Sauan Sibarrung.

Hal tersebut terungkap di pendidikan Financial Literacy (FL) yang diikuti anggota yang belum mengikutinya dan juga ini wajib bagi yang sudah anggota di CUSS.

Dalam konteks tabungan Yunus Marongkan dan Alberthin dalam pendidikan financial literasy banyak Credit Union yang memberikan tingkat bunga relatif lebih tinggi dibandingkan lembaga keuangan konvensional.

” Hal ini tentu menguntungkan bagi masyarakat yang tidak terlalu berani mengambil risiko keuangan, namun memiliki dana lebih. Sementara itu, jika bukan bunga yang tinggi, Credit Union menawarkan tingkat bunga pinjaman yang lebih rendah serta prosedur pinjaman yang lebih mudah dibandingkan lembaga keuangan konvensional. Hal ini tentunya sangat menarik bagi masyarakat yang membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan usahanya, baik kebutuhan untuk mendanai usaha maupun kebutuhan konsumtif keluarganya,” ujar mereka, seraya menambahkan bahwa, kegiatan pendidikan FL ini digelar dua hari Selasa 21- Rabu 22 Mei 2024, di teritori Dusun Pangalli Desa Dandang Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan dengan pelaksana Pande, Yustus.

Pendidikan Financial Literacy sasarannya untuk memberikan pemahaman kepada anggota tentang misi CUSS yang sesungguhnya, produk dan pelayanan di Credit Union yang disesuaikan dengan kebutuhan anggota, mempelajari bahasa pembentukan kekayaan, kaidah-kaidah keuangan pribadi, cara-cara menabung, pentingnya dana darurat, perencanaan kehidupan keuangan dan penganggaran keuangan keluarga.

Hal tersebut dibeberkan Yunus dan Alberthin Pande dan Sangayoka, Tempat Pelayanan (TP) Saluampak CUSS bahwa, perkembangan teknologi informasi saat ini membawa pengaruh pada gaya hidup masyarakat dan gaya hidup seseorang atau per individu. Mudahnya masyarakat mengakses informasi dan melakukan transaksi keuangan, membuat masyarakat cenderung menjadi lebih konsumtif tanpa memetakan lebih jauh kebutuhan dan keinginannya.

” Sementara Pande, Yustus menambahkan bahwa, Credit Union Sauan Sibarrung juga sudah ada menyediakan aplikasi mobile escete sauan sibarrung dengan penerapan teknologi informasi. Aplikasi Escete mobile dapat didownload di aplikasi playstore.

“Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh oleh pengguna escete mobile seperti membeli pulsa HP, voucher listrik, manual dan tidak pakai antri, hemat biaya dan hemat energi,” sebutnya.

Dia menambahkan bahwa, mempermudah transaksi anggota CUSS seperti bayar pinjaman, setor simpanan, transfer ke bank luar, intinya pelayanan anda di genggaman anda.

“Manfaatnya untuk anda sendiri sebagai anggota Credit Union Sauan Sibarrung, dan juga untuk bisnis anda, seperti portofolio rekening yakni, fitur yang berisi tentang informasi saldo pinjaman. Fitur ini juga bisa digunakan untuk melihat mutasi, rekening simpanan dan pinjaman,” tuturnya.

Yustus menjelaskan sedetail manfaat mobile escete seperti transfer antar rekening, transfer ke bank lain, pembelian, pembayaran, pinjaman online, pembayaran pinjaman, tarik tunai CCM, Setor tunai DCM, Setor/Tarik via loket sahabat, dan Info virtual Account dan lain-lainnya. Segera berlomba Aktivasi ki’ Aplikasi mobile escete.

“Dengan terlaksananya edukasi/pendidikan dasar dan pendidikan edukssi financial literasy ini, diharapkan kualitas hidup anggota dapat meningkat ekonomi sesuai misi CUSS yakni, meningkatkan kualitas hidup anggota melalui pelayanan keuangan, pemberdayaan dan digitalisasi,” jelasnya.***Yustus