Dari KKNT-MBKM UNISRI, Mahasiswa  Ajari Ngaji TPA/TPQ Masjid At-Tawab

KARANGANYAR – INFODESANEWS, Rakeen Adrio Fahrezi, mahasiswa Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam program Kuliha Kerja Nyata(KKN), dari Kelompok 11 bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Adcharina Pratiwi, SE. M.Si melaksanakan KKN di desa Buntar, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Rabu (27/7).

Menurut Rakeen, kegitan ini untuk membantu Ustadz/Ustadza mengajar TPA/TPQ di Masjid At-Tawab dusun buntar setiap hari Senin sampai dengan hari kamis dan dimulai dari pukul 16.00 s.d 17.20 WIB.

Dalam kegiatan tersebut juga dalam rangka meningkatkan ketaqwaan anak usia dini untuk belajar membaca Al-Quran, terutama dalam pengetahuan anak-anak setempat terhadap ilmu keagamaan.

Pendidikan agama di TPA pada zaman dahulu hampir tidak ada masalah yang dihadapi, namun akhir-akhir ini terjadi banyak masalah. Santri seperti kurang terminat untuk belajar mengaji. Apalagi ditambah dengan adanya kemajuan zaman. Adanya era globalisasi membuat anak muda lambat laun menjadi enggan untuk pergi ke masjid/musholah. Dengan adanya kemajuan zaman masyarakat menjadi semakin tidak peduli dengan pendidikan agama. Pola hidup masyarakat menjadi berubah.

“Kemudian kami selaku KKN UNISRI akan membantu mengajar TPA Masjid At Tawab di desa buntar meningkatkan mengajar anak-anak iqra, lalu menguji anak-anak membaca iqra satu persatu. Setelah bacaan sudah benar lalu di setor bacaan iqra kepada guru mengajar mengaji, apabila ada kesalahan pada bacaan tersebut kemudian guru akan membenarkan bacaan iqro tersebut. Kemudian setelah itu membaca do’a  pulang bersama-sama,” ujarnya. (*/Rakeen Adrio F/red slo)

Berita Terkait

Baca Juga