Dijaga Ketat, Polda Jateng Kawal Kedatangan dan Pulang PSIS Semarang dan Persebaya Surabaya

OLAHRAGA15 Dilihat

SEMARANG, INFODESANEWS – Polda Jateng menjamin keamanan bigmatch PSIS Semarang dan Persebaya Surabaya dalam kompetisi lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Jatidiri.” Jaminan tersebut diungkap Karo Ops Polda Jateng Kombes Basya Radyananda didampingi Kabidhumas Kombes Iqbal Alqudusy saat di wawancarai awak media di lobby Mapolda Jateng.

“Untuk laga Persebaya nanti malam (Rabu malam), kami sudah melaksanakan berbagai upaya untuk mengamankan kegiatan tersebut. Kami juga telah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Walikota Semarang dan Walikota Surabaya,” ujar Kombes Basya

Diungkapkan bahwa secara teknis dan taktis, giat pengamanan bertumpu di Polrestabes Semarang dengan Kapolrestabes selaku Kasatgas Pengamanan pun tidak hanya di sekitar Stadion.

Namun mencapai seluruh wilayah yang merupakan jalur kedatangan dan kepulangan suporter Persebaya Surabaya (Bonek).“Kami juga libatkan polres jajaran yang menjadi lintasan kepulangan suporter hingga ke perbatasan Jawa Timur,” kata dia

Terkait kedatangan suporter Bonek yang ikut mendukung Persebaya di Kota Semarang, diungkapkan bahwa hal tersebut juga telah dikoordinasikan dengan Walikota Surabaya. Sebanyak 1000 tiket bagi suporter Bonek telah disiapkan dengan koordinasi Walikota Surabaya.

“Bagi yang datang ke Semarang tanpa tiket atau tanpa koordinasi, kami segera pulangkan kembali. Dan bagi yang telah dikoordinasikan kami siapkan tempat berupa safe house di Citarum serta dapur umum di Pemkot,” ungkapnya

Jalannya pertandingan yang berlangsung malam hari menurutnya mempunyai kerawanan tersendiri, menyikapi hal itu pihaknya menghimbau kepada para suporter untuk segera pulang usai menonton pertandingan.

“Kalau malam hari kerawanan akan lebih kental daripada siang, kami lakukan penetrasi dan himbauan pada para suporter untuk segera pulang usai pertandingan untuk cegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.(@Gus Kliwir)