Jelang Haflah Khatmil Qur’an, Pondok Pesantren Al Badriyyah Ziarah Auliya

NASIONAL, PENDIDIKAN153 Dilihat

DEMAK, Infodesanews.com – Santri putra Pondok Pesantren (Ponpes) Al Badriyyah Mranggen Demak hari ini (31/10) melakukan ziarah sebagai bentuk penghormatan kepada para kekasih Allah yang telah mendedikasikan hidupnya bagi Agama Islam. Ziarah dilakukan sebagai upaya untuk menjemput berkah dari orang-orang yang shalih (salafu al shalih). Hal demikian disampaikan oleh pengasuh Pesantren Al Badriyyah, KH Muhibbin Muhsin Alhafidz saat memimpin kegiatan ziarah.

Dalam kesempatan tersebut Kiai spesial tahfidz Qur’an asal Mranggen itu juga mewanti-wanti para santri untuk lebih memahami akhlak berziarah di makam auliya dan ulama. Satu di antaranya ketika bertawassul harus niat dan tujuannya untuk berdoa kepada Allah SWT bukan kepada makamnya, “tawassul adalah berdoa kepada Allah SWT melalui perantara para kekasihNya” Terang Kiai yang telah menghasilkan ribuan penghafal Al-Qur’an ini mengingatkan.

Ziarah para Wali Allah menjadi tradisi tahunan Pesantren Al Badriyyah sebelum Haflah Khatmil Qur’an yang beberapa bulan lagi akan dilaksanakan, “Mudah-mudahan para santri senantiasa diberikan kekuatan untuk terus istiqamah dalam tadarus Al-Quran dan menebarkan kemaslahatan bagi umat. Kata Abah Bin (nama akrabnya di kalangan santri dan masyarakat Mranggen). Adik ipar KH Muslih Mranggen ini juga berharap ilmu yang didapatkan para santri bermanfaat bagi umat, “dengan berwashilah ini semoga bisa memberi kemanfaatan ilmu dengan membantu melanjutkan perjuangan para ulama,” ungkapnya.

Destinasi wisata religi ini yakni menziarahi makam Sunan Kalijaga (R. Said), Sunan Kudus (Ja’far Shodiq), Sunan Muria (R. Umar said), Syeikh Arwani Amin Kudus, dan Syeikh Ahmad Mutamakkin Pati.

Dengan ziarah Makam Auliya diharapkan akan menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta kepada para ulama, kiai, masyayikh dan auliya serta meningkatkan ukhuwah Islamiyah, memperkuat rasa kebersamaan dan kekompakan serta meraih ridho dari guru karena kesuksesan santri tergantung pada ridho gurunya.
(Ben Zabidy – PP. Al Badriyyah Suburan Mranggen Demak)

Berita Terkait

Baca Juga