Kader Muda PKB Ajak Generasi Milenial Jadikan Budaya sebagai Gaya Hidup

INFODESA153 Dilihat

Cibinong, Infodesanews.com – Kader muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Bogor, Tb. Syaiful Rizal mengajak kepada generasi milenial Sunda untuk hidup penuh gaya, dengan melestarikan budaya warisan leluhur.

“Generasi milenial akan lebih keren kalau menjadikan budaya sebagai gaya hidup. Modernisme dan kemajuan perlu dikolaborasikan dengan kecintaan pada kearifan lokal,” ujar Rizal.

Menurut aktivis Arus Informasi Santri (AIS) ini, kemajuan bisa hidup berdampingan dengan tradisi, tanpa saling menafikan antara satu dengan yang lain.

“Modernisme bisa berdampingan dengan lokalitas. Kita bisa maju mengawal arus perubahan zaman tanpa harus menyingkirkan akar tradisi dan kekayaan budaya yang dimiliki,” tegas Rizal.

Khazanah budaya Sunda perlu didekap erat dan dilestarikan secara terbuka kepada masyarakat luas, agar mampu bertahan menghadapi perubahan zaman.

“Sebuah Budaya hanya akan bertahan secara langgeng bila masih dijaga, dilestarikan dan disebarkan oleh masyarakat penggunanya,” ujar Rizal.

Selain itu, sambung Rizal, budaya Sunda harus bersenyawa dengan kehidupan masyarakat dan dapat memberikan solusi atas berbagai problematika kehidupan.

Oleh karenanya, Rizal mengaku sangat senang saat PKB sebagai saluran aspirasi politiknya mencanangkan gerakan “Sunda Bogor Lahir Bathin” sejak 3 tahun silam.

“PKB Kabupaten Bogor memberikan teladan bagi publik untuk melestarikan budaya Sunda. Perjuangan dan tanggung jawab merawat budaya bukan hanya milik budayawan dan seniman, tapi tugas semua pihak,” demikian Tb Syaiful Rizal. (adm)

Berita Terkait

Baca Juga