KKN IAIN Kudus Bersama Masyarakat: Menyebarkan Pesan Moderasi Beragama di Desa Kembang Todanan

NASIONAL158 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Dalam mewujudkan masyarakat yang solid dan harmonis ditengah-tengah umat beragama dengan banyaknya kepercayaan yang berbeda, maka perlu adanya memodernkan agar tidak terlalu berlebihan.

Dengan demikian mahasiswa IAIN Kudus, lakukan kegiatan program KKN (Kuliah Kerja Lapangan) salah satu program unggulannya yakni Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengenai moderasi beragama pada masyarakat di desa Kembang, Todanan, Blora.

“Sosialisasi moderasi beragama amatlah penting penting dalam hidup bermasyarakat, agar tercipta masyarakat yang solid dan harmonis. Dengan adanya agenda sosialisasi ini dikemas dalam kegiatan seminar moderasi agama dalam membangun kesetaraan beragama” ungkap Hasan Hasbulloh selaku Kordes (Koordinator Desa) Kembang.

“Disini mahasiswa KKN IAIN Kudus, bersama beberapa elemen masyarakat berkolaborasi untuk menyebarkan pesan moderasi beragama di desa Kembang, Todanan” tambahnya.

“Dalam sebuah perbedaan bukan untuk saling mencela tapi saling menghargai. Dikarenakan perbedaan merupa,kan sunnatullah, sehingga sikap kita tidak terlalu ekstrim kanan, ekstrim kiri, dengan demikian perbedaan itu hal yang wajar, maka jangan salahkan perbedaan itu,” Ujar Bapak Mashadi selaku Ketua PR. NU Kembang.

“Dalam langkah-langkah dapat moderasi beragama ada 4 cara yakni, Cinta tanah air, Toleransi, Tidak melakukan kekerasan, Menghargai budaya lokal,” ujar Bu Ulya selalu dosen Pembimbing lapangan (DPL) KKN Kembang.

“Di desa Kembang ini memang sudah mayoritas Islam semua, tapi tidak bisa dipungkiri kita hidup bersosial pasti akan ada beberapa perbedaan, baik itu perbedaan perpendapat, dan juga perbedaan pilihan. Sehingga hal itu yang dapat menyebabkan pertengkaran maka penting akan moderasi beragama” imbuhnya.

“Sebagai makhluk sosial memiliki porsi yg sama beribadah dan sosial, maka dari itu teruslah ciptakan sebuah kerukunan dalam sebuah kehidupan,” Pungkasnya.***Tiem KKN Kudus/Red.

Berita Terkait

Baca Juga