Kodim Demak Terapkan Teknologi Baru Di Bidang Pertanian

INFODESA176 Dilihat

Demak, Infodesanews.com — Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Demplot bisa berupa Inovasi teknologi budidaya, VUB (Varietas Unggul Baru), Pemupukan dan lain-lain, disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut.

Di wilayah Desa Kuwu kecamatan Dempet yang merupakan wilayah binaan Koramil 04/Dempet Kodim 716/Demak, ada beberapa Demplot yang telah dilakukan.

Untuk itu Batituud dan babinsa Ds. Kuwu Kopka Ali Ahmadi Serta dibantu 2 anggota melaksanakan giat Upsus penyemaian benih Padi varietas Sertani sebanyak 30kg di Demlot Kodim 0716/Demak luas 1ha. kegiatan tersebut bekerjasama dengan PT.lumbung Banyu Bumi,Rabu (14/03/2018)

 

Dari hasil Demplot itu diketahui bahwa dengan menggunakan bibit padi unggul jenis Sertani terjadi peningkatan produksi pertanian sebanyak 1,5 ton/ha per musim tanam jika di bandingkan dengan penggunaan bibit varietas lokal jenis IR42. Musim tanam sebelumnya, jumlah produksi gabah kering panen per hektarnya hanya 6,1 ton/ha per musim tanam.

Alhamdulillah dengan menggunakan bibit unggul Sertani produksi gabah kering panen per hektarnya mencapai 8,7 ton/ha per musim tanam atau naik sekitar 20 % jelas petani di Desa Kuwu.

Kegiatan Demplot benih padi unggul tersebut juga menjadi ajang bagi para petani untuk mengungkapkan sejumlah permasalahan yang mereka hadapi selama ini.

Tujuan pelaksanaan Demplot sendiri adalah untuk memberikan contoh bagi petani disekitarnya untuk menerapkan teknologi baru dibidang pertanian.

Padi kesempatan ini tim,  materi yang disosialisasikan tentang demplot pengolahan lahan,  penanaman (bibit/benih) , pemupukan, pemeliharaan hingga nantinya menuai hasil panen. (Pendim 0716/Demak)

Berita Terkait

Baca Juga