Mengenal Sosok Cabup Sumba Barat Daya Dominggus Bulla, Kompetensinya Tak Diragukan Lagi Bawa Perubahan Positip

INFODESA, POLITIK, PROFIL122 Dilihat

SUMBA BARAT DAYA NTT – INFODESANEWS.COM, Pertarungan politik di Sumba Barat Daya NTT mulai terlihat seiring munculnya sosok calon kepala daerah yang disebut-sebut akan menjadi pemimpin baru daerah tersebut.

Salah satu kandidat yang menonjol adalah Drs. Dominggus Bulla, M.Si yang kini menjabat Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten SBD. Hastag “Dominggus Kling” ini diharapkan dapat menjadi ikon baru yang dapat dijadikan brand Dominggus dimana kedepan akan melanjutkan program makan siang bergizi gratis.

Dilahirkan di Sumba Barat pada 9 Juli 1964, Dominggus Bulla telah melalui perjalanan panjang dalam mengabdi pada masyarakat dan pembangunan daerahnya. Dengan latar belakang pendidikan yang baik, Dominggus Bulla meraih gelar sarjana (S2) Administrasi Publik Universitas Nusa Cendana Kupang Tahun 2005, memperkuat kompetensinya sebagai seorang calon pemimpin yang mumpuni.

Namun, kesuksesan akademisnya tidak membuat Dominggus Bulla terlena. Ia terus mengasah keterampilan dan pengetahuannya dengan menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan potensi daerah dan peningkatan kualitas hidup masyarakat di Sumba Barat Daya.

Ia menyebut dirinya maju dalam Pilkada ini karena didorong oleh keinginannya untuk memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kemajuan Kabupaten Sumba Barat Daya di masa mendatang.

Menurutnya, Keputusan yang ia ambil merupakan bentuk janji yang di tepati kepada rakyat kecil untuk maju Pilkada 2024 dalam memperebutkan kepemimpinan bupati SBD dengan kandidat-kandidat lainnya.

Ia mengatakan, akan berkomitmen bahkan rela berkorban melalui visi dan misi yang kuat untuk membawa perubahan positif dengan visi Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Sumba Barat Daya yang SEHAT (Sejuk, Harmonis, Sejahtera).

Bahkan Dominggus Bulla mempunyai misi besar untuk meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam dengan tetap menjaga keseimbangan ekosistem. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat berbasis dusun, kelompok UMKM dan rumah-rumah ibadah. Meningkatkan pembangunan infrastruktur pedesaan untuk mendukung percepatan pelayanan bidang pendidikan, olahraga, kesehatan dan parawisata. Meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, melalui peningkatkan profesionalitas birokrasi dan sumber daya manusia.

Tidak hanya itu Dominggus Bulla juga memiliki empat program strategis antara lain pengembangan ekonomi berbasis UMKM dan Pariwisata, peningkatan Pembangunan infrastruktur pedesaan untuk mendorong percepatan pelayanan dasar di bidang pendidikan, kesehatan, dan pariwisata. Peningkatan Tata kelola pemerintahan yang baik untuk peningkatan pelayanan publik serta peningkkatan Mutu Produk pertanian untuk mendorong Stabilitas harga Komoditi masyarakat. (redslo)