Kwarran Purwokerto Selatan Gelar Pelatihan Scouting Skill

PENDIDIKAN194 Dilihat

BANYUMAS, INFODESANEWS – Puluhan anggota pelatih pramuka, Pengurus dan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Kwartir Ranting Purwokerto mengikuti kegiatan Scouting Skill Rabu (9/10/2019) di Sanggarnya. Kegiatan dilanjutkan dengan Temu Taknis Lomba Cerdas Tangkas Pramuka Siaga yang akan digelar Jumat (11/10/2019).

Ketua Kawaran Purwokerto Selatan Drs Djaswito mengatakan pengurus Kwaran bersama, pelatih dan mabigus, berkumpul bersama untuk sharing dan merumuskan pola pembinaan serta strategi baru dalam metode kepelatihan dan pembelajaran kepramukaan. Hal tersebut untuk mendukung pencapaian program pramuka garuda bagi anak didik.

“Kwaran Purwokerto Selatan siap mendukung Program Pramuka Garuda yang ada di wilayah Jawa Tengah khususnya Kwarcab Banyumas, dengan tidak mengabaikan Kwantitas dan Kwalitas Pramuka Garuda,” katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Dra Sutiar Wismawati, M.Pd mengatakan kegiatan diikuti sebanyak 95 orang yang terdiri dari pengurus Kwaran, Pelatih, Kepala Sekolah dan pembina SD/ MI SMP Se Kwarran Purwokerto Selatan. Pemberian materi scouting skill termasuk pionering (simpul dan tali) adalah untuk meningkatkan kapasitas pembina.

Dalam kegiatan tersebut, pelatih diajak berdiskusi, menuangkan ide kreatifitas, tukar pikiran serta refresh materi kepramukaan seperti scouting skill, kompas, tali temali, tehnik survival, pionering, bivak, semaphore, morse, dan manajement resiko.

“Lewat kegiatan tersebut diharapkan pola pembinaan dan strategi serta metode yang dilaksanakan dapat selaras dengan perkembangan jaman diera millenials seperti sekarang ini,” jelas Sutiar.

Berita Terkait

Baca Juga