Mabigus Sekolah Ma’arif NU Se-Kabupaten Banyumas Ikuti KOS dan ODMG

PENDIDIKAN191 Dilihat

BANYUMAS – Sebanyak 196 Mabigus dari Sekolah Ma’arif NU se Kabupaten Banyumas mengikuti Kursus Orientasi Singkat (KOS) dan Out Door Management Game (ODMG) Rabu (8/12/2021) di gedung IPHI Kecamatan Cilongok dan Lapangan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Mereka terdiri dari Mabigus (Kepala Madrasah/Sekolah) tingkat MI/SD sebanyak 135 pangkalan, MTs/SMP sebanyak 44 pangkalan dan MA/SMA/SMK sebanyak 17 pangkalan.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Harian Mabi Sakoma NU Banyumas Prof. Dr. Fauzi, M.Ag yang juga Ketua PC LP Marif NU Kabupaten Banyumas. Ia berpesan semua Mabigus dapat menggerakkan kegiatan Pramuka dimasing-masing Gugusdepan sebagai wadah pembinaan generasi muda yang berkarakter Aswaja

“Seperti yang pernah saya sampaikan bahwa Sako Ma’arif Banyumas harus menjadi episentrum bagi pembinaan Pramuka di Banyumas yang dapat mewarnai kepramukaan di level cabang sampai daerah bahkan nasional,” pesannya.

Sementara Ketua Cabang Sako Ma’arif NU Banyumas Musmualim, S Pd.I, M.Pd.I mengatakan kegiatan merupakan implementasi dari program kerja Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU tingkat Cabang Banyumas Tahun 2021 yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tugas pokok dan fungsi Mabigus yaitu memberi bimbingan, dorongan dan dukungan termasuk dukungan materil-finansial dan non materil.

“ODMG menciptakan suasana dialam terbuka, melatih kerjasama tim, mempererat persaudaraan dan kesatuan antar Mabigus,” katanya

Musmualim berharap setelah mengikuti KOS dan ODMG para Mabigus memiliki persepsi dan tekad yang sama untuk pengembangan pembinaan di Gugusdepan melalui optimalisasi tugas pokok dan fungsi Mabigus.

Ketua Panitia Pelaksana KOS-ODMG Machali, S.Ag., MM.Pd mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Binawasa Gerakan Pramuka, Kwartir Cabang Banyumas Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif Banyumas menghadirkan pemateri dari Kapusdiklatcab Yusuf Supriyadi dan Ketua Sako Maarif Musmuallim dan Ketua Bidang Binawasa Machali yang juga pelatih Kwarcab serta Tim Instruktur Sakoma NU Banyumas menjadi pemateri ODMG. Kegiatan ini bermaksud untuk mengikat persatuan, kebersamaan dan keterpaduan serta meningkat kan pengetahuan dan keterampilan mengingat membina anggota Pramuka bukan hal mudah, tetapi perlu ilmu pengetahuan dan keterampilan.

“Kegiatan ini dikemas dalam bentuk kegiatan indoor dan aout door yang dibagi dalam 2 segmen, yaitu Segmen pagi Orientasi Mabi dan Fundamental Gerakan Pramuka oleh Ka Pusdiklatcab Banyumas Kak Yusuf Supriyadi, SH, Sosialisasi Sakoma NU Banyumas oleh Pinsakoma NU Banyumas Kak Musmualim, S.Pd.I, M. Pd.I dan Anggota Dewasa GP / SK Kwarnas nomor 047/2018 diisi oleh saya selaku Ketua Bidang Binawasa,” katanya

Berita Terkait

Baca Juga