Mantan Panglima Kombatan Sebut Pj Bupati Itu Harus Putra Daerah

INFODESA165 Dilihat

GAYO LUES – Mantan Panglima GAM Kabupaten Gayo Lues, Jafar Ama Uwe, sebut penjabat Bupati itu seyogyanya putra daerah.

Hal itu disampaikan Ama Uwe, mengingat akhir akhir ini mencuat isu beberapa nama kandidat penjabat Bupati yang berasal dari luar daerah yang disokong oleh elit elit tertentu dan kaum oligarki.

Dikatakan Ama Uwe, penegasan itu bukanlah tanpa alasan, soalnya kata mantan Panglima Kombatan ini, Kabupaten Gayo Lues masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan yang bersifat krusial dan urgen.

“Jadi jika dari luar yang ditunjuk setidaknya butuh waktu setahun untuk melakukan penyesuaian, karena yang bersangkutan sudah pasti tidak tahu bagaimana keadaan dan kultur Kabupaten Gayo Lues yang sebenarnya, jadi kapan lagi mereka mau bekerja untuk berbenah.

Oleh karena itu, sudah seyogyanya Pj Bupati yang ditunjuk adalah putra daerah yang telah memahami persoalan persoalan tersebut” ujar mantan Panglima GAM ini yang juga menjabat sebagai anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Gayo Lues, Selasa (23/08/2022).

Untuk itu, Ama Uwe berharap kepada pihak pihak yang berkoompeten untuk menunjuk penjabat Bupati Gayo Lues asli putra daerah yang mengerti keadaan negeri ini.

“Kemampuan putra daerah kita juga tidak kalah dengan pejabat-pejabat dari luar itu, termasuk koneksi ke provinsi dan pusat”, tegas Ama Uwe, sembari menghimbau kepada kader kader PA untuk tidak mengeluarkan statemen yang bertentangan dengan pokok dan implikasi dari UUD PA.(@Gus)

Berita Terkait

Baca Juga