Pameran Produk Unggulan Pertanian se Kabupaten Blora suskses, Jutaan Omset Diraih

INFODESA41 Dilihat

BLORA, Infodesanews.com – Pelaksanaan Pameran Produk Unggulan Pertanian se Kabupaten Blora yang dikemas dalam kegiatan GELAR POTENSI PERTANIAN BLORA 2017 di Blok T Kota Blora berjalan sukses. Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Djoko Nugroho pada hari Jumat (15/9/2017) lalu itu berhasil menyedor ribuan pengunjung. Sehingga di hari terakhir pelaksanaan pameran, Minggu (17/9/2017), omset yang diperoleh mencapai ratusan juta.

Berdasarkan data yang diperoleh dari panitia, total omset penjualan produk pertanian selama tiga hari ini mencapai Rp 216.632.750,-. Omset terbesar diperoleh oleh stan UPT Pertanian Kecamatan Tunjungan yang menjual paket hidroponik, aneka bibit tanaman buah, durian, jambu kristal dan lainnya.

“Yang paling besar omsetnya Kecamatan Tunjungan sebesar Rp 26.198.000,-. Oleh karena itu diberikan penghargaan sekaligus sebagai pemenang juara pertama stan terbaik,” ucap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab.Blora Ir.Reni Miharti M.Agr.Bus saat menutup pameran, Minggu siang (17/9/2017).

Ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut andil mensukseskan gelaran pameran produk pertanian se Kabupaten Blora. Baik pihak sponsorship, Bank Jateng, BRI, BPR, BKK, PT.GMM BULOG, Produsen Alsintan, Formulator Pupuk dan Pestisida, UPTD se Kabupaten Blora, para kelompok tani, dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah pameran bisa berjalan lancar dan berhasil menyedot ribuan pengunjung selama tiga hari. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi. Lemah teles, Gusti Allah mangke ingkang bales,” ucap Reni Miharti.

Pihaknya berharap, tahun depan bisa dilaksanakan kembali acara seperti ini. Karena dengan pameran, bisa meningkatkan pendapatan petani dari segi harga yang lebih menguntungkan. Daripada melepas produk pertanian ke tengkulak.

“Kami sadar bahwa sepanjang pelaksanaan masih ada kekurangan di beberapa aspek. Kami siap menerima saran dan kritik agar pelaksanaan tahun depan bisa lebih lagi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selama pameran berlangsung juga dimeriahkan oleh berbagai perlombaan seperti lomba mewarnai tingkat PAUD/TK se Kab.Blora, lomba merangkai produk pertanian tingkat SMA/SMK, lomba gerak dan lagu Modernisasi Desa tingkat SMA/SMK, lomba kreasi oleh-oleh khas Blora, dan lomba stan terbaik.

Adapun para pemenang lomba selengkapnya adalah sebagai berikut :

Lomba Mewarnai Tingkat TK/PAUD

  1. Juara 1 Anzilina dari TK Pelangi Ceria Blora
  2. Juara 2 Azzahra dari TK Pertiwi 2 Purwosari
  3. Juara 3 Kamania dari TK Islam Baitunnur Blora
  4. Harapan 1 Anfika dari TK Darma Wanita Jepangrejo
  5. Harapan 2 Riza dari TK Pertiwi Puledagel
  6. Harapan 3 Ahzan dari TK ABA I Blora

Lomba Merangkai Produk Pertanian Tingkat SMA/SMK

  1. Juara 1 SMA Negeri 1 Tunjungan
  2. Juara 2 SMA Katholik Wijaya Kusuma Blora
  3. Juara 3 SMA Muhammadiyah 1 Blora

Lomba Gerak dan Lagu Modernisasi Desa Tingkat SMA/SMK

  1. Juara 1 SMA Negeri 2 Blora
  2. Juara 2 SMA Negeri 1 Cepu
  3. Juara 3 SMA Negeri 1 Tunjungan

Lomba Kreasi Oleh-oleh Tingkat UPT Pertanian

  1. Juara 1 UPT Pertanian Kecamatan Todanan dengan karya sari buah Jambu Mete
  2. Juara 2 UPT Pertanian Kecamatan Jiken dengan karya Jagung Instan
  3. Juara 3 UPT Pertanian Kecamatan Banjarejo dengan karya permen tape

Lomba Stan Pameran Terbaik

  1. Juara 1 UPT Pertanian Kecamatan Tunjungan
  2. Juara 2 UPT Pertanian Kecamatan Banjare
  3. Juara 3 UPT Pertanian Kecamatan Kedungtuban
  4. Harapan 1 UPT Pertanian Kecamatan Jati
  5. Harapan 2 UPT Pertanian Kecamatan Jiken
  6. Harapan 3 UPT Pertanian Kecamatan Bogorejo

Kepala UPT Pertanian Kecamatan Tunjungan, Saefudin merasa senang dan bangga karena stan yang digawanginya berhasil memenangi lomba stan terbaik serta mendapatkan omset penjualan terbesar.

“Alhamdulillah ini berkat kerja keras teman teman petani, kelompok tani dan para penyuluh. Semoga ini bisa menjadi penyemangat kami dalam memajukan pertanian, khususnya di Tunjungan dan umumnya di Kabupaten Blora,” pungkasnya. ( Tim )