Pelatihan Penyusunan ART, OP Dan SOM Diminati Puluhan Pelaku Koperasi Di Blora

NASIONAL154 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS | Dinas perdagangan koperasi usaha kecil dan menengah Blora melaksanakan pelatihan dan pendidikan perkoperasian dalam rangka pelatihan penyusunan anggaran Rumah Tangga ( ART ), Standart Operasional ( OP ), Dan Standart Operasional Manajemen ( SOM ) dengan melibatkan puluhan pekalu koperasi yang berada di kabupaten Blora, berlangsung 4 hari yang di selanggarakan di Mr. Green Blora, 02 – 05 Nopember 2021.

Dalam kesempatan itu Kepala seksi Bina Usaha   Koperasi  Kabupaten Blora Daeng Hadyanti Merkarini, SE, MM kepada Infodesanews mengungkapan tujuan dilaksakan kegiatan pelatihan untuk memberikan pengetahuan serta wawasan kepada pengurus, pengelola atau manajer koperasi.

“ Karena anggran Dasar rumah tangga Koperasi itu sangat penting, karena merupakan penjabaran dari anggaran dasar koperasi itu sendiri, “ ujarnya.

Lebih lanjut wanita paruh baya yang akrap di sapa Mbak Rini ini mengungkapkan pengetahuan yang didapatkan peserta pelatihan nantinya harus di terapkan masing – masing  di koperasinya, sehingga  standart operasional dan Sandart Operasional Manajemen berjalan dengan baik.

“ Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, para pengelola baik manajer dan pengurus dapat mengelola koperasi sesuai peraturan – peraturan hukum perkoperasian yang berlaku, serta mengajak kembali ke roh kaidah – kaidah perkoperasian, karena menurut pandangan kami, koperasi saat ini bayak yang keluar dari reel serta aturan baku anggaran Rumah Tangga ( ART ), Standart Opersional ( OP ), Dan Sandart Operasional Manajemen ( SOM ),” ujarnya lagi.

Senada dengan itu salah satu peserta pelatihan, Suratno dari KSPPS AL-ROUDLOH Todanan Blora dimintai tanggapannya mengungkapkan sangat penting dan berguna dalam mengikuti pelatihan ini,

” Sangat bagus dan bermanfaat sekali, karena merasa mendapat tambahan ilmu sehingga kami dapat menjalankan ketentuna koperasi Standart Opersional ( OP ), Dan Sandart Operasional Manajemen ( SOM ),” ujarnya.

Lebih lanjut Suratno mengungkapkan berharap Dinas perdagangan koperasi usaha kecil dan menengah Blora terus memberikan pelatihan dan bimbingan lebih mendalam sehingga koperasi – koperasi yang ada di Blora dapat meningkatkan kesejahtraan anggotanya.

” Dan kami Juga berterima kasih kepada nara sumber Joko Yulianto dari LKP Cendekia, sangat menarik dalam memberikan materi sehingga kami dapat mencerna materi – materi dari nara sumber,” ujarnya lagi.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Drs. Edy Suprapto, M.Si yang mewakili Plt, Kepala Dinas perdagangan koperasi usaha kecil dan menengah Blora Luluk Kusuma Agung Ariadi, AP memberikan apesiasi kepada peserta pelatihan yang dengan tertip , antusias, serta bersemangat mengikuti pelatihan selama empat (4) hari.

” Ini merupakan tindak lanjut kegiatan tahun yang lalu dalam upaya pemantapan pengurus dan manajer koperasi agar dapat mendalami aturan baku anggaran Rumah Tangga ( ART ), Standart Opersional ( OP ), Standart Operasional Manajemen ( SOM ),” ujrnya.

“Harapan kami Koperasi yang ada di Blora kedepannya tidak akan bermasalah hukum,” pungkasnya.***Red

[masterslider id=”8″]

Berita Terkait

Baca Juga