Penyuluhan Cegah Tangkal Radikalisme Di Kalangan Pelajar, Sebagai Sasaran Non Fisik TMMD Ke- 120 Kodim 0908/Bontang

BONTANG.INFODESANEWS.COM – Kodim 0908/Bontang menyelenggarakan TMMD ke-120 TA 2024, Adapun salah satu yang menjadi sasaran non fisik yakni penyuluhan Cegah Tangkal Radikalisme di kalangan siswa SMA SE kota Bontang dan Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Bontang Marthen Minggu, SE, M.SI.menjadi Narasumber pada kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Lamin Kodim 0908/Bontang, Jl.Awang Long, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Rabu (22/5/2024).


TMMD Ke-120 Kodim 0908/Bontang adalah salah satu wujud operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Lembaga Pemerintah Daerah serta Komponen Bangsa lainnya,

Dandim 0908/Bontang Letkol Inf Aryo Daryanto melalui Pasi pers Kodim 0908/Bontang Lettu Inf Eko Santoso, mengatakan penyuluhan tentang Cegah Tangkal Radikalisme ini merupakan salah satu kegiatan dari beberapa sasaran non fisik TMMD. Targetnya bukan hanya untuk masyarakat namun juga menyasar ke kalangan generasi muda.

“Penyuluhan Cegah Tangkal Radikalisme bertujuan memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang bahaya Radikalisme, pencegahan serta upaya yang dapat dilakukan untuk menangkal Radikalisme sejak dini, sehingga tercipta situasi wilayah yang kondusif,” ucapnya.

Lettu Inf Eko Santoso juga menjelaskan pemberian materi penyuluhan Cegah Tangkal Radikalisme ini untuk mengajak para generasi muda dalam memperkokoh mentalitas dan pemahaman ideologi Pancasila guna mencegah ancaman bahaya Radikalisme, guna mewujudkan alat juang pertahanan yang tangguh,” tambahnya.

“Pelajar sebagai Agen Perubahan selain itu, mereka juga nantinya yang akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa ini. Oleh karenanya sangat penting ditanamkan nilai-nilai Nasionalisme, Patriotisme dan Bela Negara,” harapnya.

Guna meredam hingga mengantisipasi intoleransi yang dapat berkembang menjadi radikalisme tersebut, ia meminta para siswa-siswi SMA SE kota Bontang mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang sangat penting dilakukan baik di tataran hidup bernegara maupun bermasyarakat.*Mur.