Persiapan Assesmen Nasional,  Dindik Blora Selenggarakan Pembekalan Guru dan Pengawas SD

PENDIDIKAN212 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS | Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim resmi mengganti Ujian Nasional (UN) 2021 menjadi Assesmen Nasional (AN). Assesmen Nasional merupakan pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah,madrasah, dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Assesmen Nasional tidak menevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar kompetensi literasi numerasi dan karakter serta kualitas  proses belajar mengajar serta  iklim dan lingkungan  satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Untuk mempersiapkan Assesmen Nasional, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar  menyelenggaraka suatu kegiatan Pembekalan Guru dan Pengawas SD. Kegiatan dimaksudkan untuk melatih dan menyiapkan guru. Materi pembekalan mengacu pada Juknis Assesmen Nasional dalam pelaksanaan Assesmen Nasioanal literasi membaca,Assesmen Nasional Numerasi dan tindak lanjut hasil Assesmen Kompetensi Minimal (AKM).

Kegiatan yang bertempat di Aula B dan Aula C kantor Dindik Blora ini di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Hendi Purnomo, S. STP, MA, di dampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Blora, Endang Rukmiati, S.Pd, M.Pd,   pada Selasa (16/2/2021).

Pembekalan untuk Guru dan Pengawas SD  ini berlangsung selama 3 hari mulai Selasa (16/2/2021) hingga Kamis (18/2/2021) diikuti oleh 94 orang guru kelas dan 32 Pengawas Sdse kabupaten Blora. Pembekalan  diilaksanakan dengan mematuhi  protokol kesehatan dengan menerapkan  3 M.

Sebagai nara sumber dalam pembekalan ini adalah  Drs. Slamet Trihartanto dari widya Iswara LPMP Jawa Tengah dan Pujiadi, M.Pd, M.Kom.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Hendi Purnomo, S.STP, MA, dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya untuk peserta mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M.

“Karena kegiatan ini dilakukan di tengah pandemi Covid-19, diharapkan semua peserta mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, mudah mudahan pandemi ini segera berakhir,sehingga kita bisa menyiapkan peserta didik dengan sebaik baiknya,” Tegas Hendi.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Blora, Endang Rukmiati, S.Pd, M.Pd saat ditemui Opini Publik seusai pembukaan pembekalan menjelaskan, untuk menyiapkan guru,kepala sekolah dan pengawas dalam pelaksanaan AN, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 maka pesertanya terbatas, harapannya di tiap tiap korwil, guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah yang sudah mengikuti pembekalan bisa mengimbaskan teman teman guru di masing masing Korwil. ***Hr/Red

Berita Terkait

Baca Juga