Petani Jagung Di Lampung Selatan Keluhkan Onjloknya Harga Jual

INFODESA40 Dilihat

Lampung Selatan, Infodesanews.com – Petani jagung di Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, mengeluhkan rendahnya harga komoditas itu yang lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

Salah seorang petani jagung Misiran (45) asal Kecamatan Sidomulyo , mengatakan, dengan turunnya harga jagung tersebut menyebabkan para petani Kecil seperti saya ini harus putar otak agar bisa tanam lagi

“Karna disamping anjoloknya harga para petani juga susah untuk mendapatkan bibit jagung saat musim tanam, meskipun ada tapi harganya cukup mahal, hal ini yang membuat para petani khususnya jagung. Kata dia pada Infodesanews.com Rabu (24/1).

Menurutnya dengan harga jagung Rp. 2000-21000 perkilonya ini sangat lah jauh berbanding dengan ongkos biaya saat penanaman dan harga bibit saat waktu tanam.”kata dia lagi.

Senada dikatakan petani jagung lainnya, Sidik Guridno , mengatakan, saat ini para petani baru melakukan panen jagung perdana. beberapa petani jagung lain, masih ada yang belum panen. “Tapi harganya sudah anjlok, apa lagi nanti kalau sudah panen raya.“kata Sidik.

Sementara itu penyuluh pertanian Dinas Pertanian dan Pangan Kecamatan Sidomulyo Didik menyebutkan, tahun ini jagung cukup bagus dan tidak terserang hama, hanya saja saat ini Lahan Tambah Tanam (LTT) meningkat di bandingkan dengan tahun lalu, sehingga tahun memang panenanya pun akan lebih banyak dibanding dengan tahun lalu.

“Sedangkan harga, saya Kira tidak begitu anjlok Karna dengan harga Rp.2000-2100 itu kan belum Kering bener baru Kering giling sedangkan Harga Pokok Pemerintah (HPP) hanya Rp. 3100 – 3500 perkilonya.

Pemerintah menganjurkan agar Jangan hanya fokus satu tanaman saja yakni jagung, bisa kita menanam Padi, kedelai ataupun tanaman lainya, kemungkinan dengan adanya Lahan Tambah Tanam (LTT) ini karna tahun Kemaren harga jagung sangat menjanjikan sehingga para petani yang tadinya hanya tanam 1 Hektare kini jadi lebih 1 Hektare

Saya berharap para petani dapat menambah lahan tanaman untuk menanam padi Karna dengan begitu saya Kira dapat meningkatkan harga jual jagung.”pungkasnya. (SG/slmt)