Potensi Desa Jetakwanger dari hasil tanam Tembakau

INFODESA310 Dilihat

Blora, Infodesanews.com – Desa Jetakwanger, kecamatan Ngawen, kabupaten Blora dengan jumlah penduduk yang cukup besar, luas wilayah yang memadai dan sumber daya serta potensi berkembang yang semakin baik.

Melihat potensi yang begitu menjanjikan kepala desa Jetakwanger, kecamatan Ngawen, kabupaten Blora Suyono terus mengembangkan potensi wilayahnya yang merupakan penghasil Tembakau kwalitas super.

Melalui pertanian Tembakau Suyono yang memulai masa tanam pada bulan Juni yang lampau dapat menanani lahannya seluas 3 hektar.

Dengan pendampingan PL yang melekat, serta pengawasan kini setelah 4 bulan memelihara hasil tembakau Kades Suyono membuahkan Hasil yang luar biasa.

“ kami dari Pabrik medapat kuota 1 hektar di harapakan mendapatkan 2 ton daun tembakau yang berkualitas baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Suyono mengungkapkan bahwa sisten yang dia bangun saat ini dengan membangun kemitraan bersama PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna), program kemitraan tersebut terjalin dengan petani tembakau yang dilakukan melalui pemasok daun tembakau Sampoerna.

“ Didasari oleh prinsip saling menguntungkan. Melalui program ini, Sampoerna sebagai perusahaan bisa mendapatkan jaminan pasokan tembakau yang sesuai dengan kuantitas dan kualitas yang diinginkan. Sementara itu, para petani juga memperoleh jaminan bahwa tembakau yang mereka tanam akan diserap seluruhnya dan dibayarkan dengan harga yang disepakati,” ungkapnya lagi

 “ Sejak bergabung dalam program kemitraan, kami mendapatkan banyak informasi dan bantuan sehingga kualitas dan jumlah hasil panen tembakau semakin meningkat. Sampoerna merupakan perusahaan rokok yang memiliki komitmen untuk tetap membeli tembakau dari petani yang bermitra. Saya bersyukur petani desa kami dapat berpartisipasi dalam program ini. Pemasukan petani di wilayah desa Jetakwanger, kecamatan Ngawen kabupaten Blora yang diterima dari hasil panen dapat digunakan untuk memberikan penghidupan yang lebih baik bagi keluarga petani desa Jetak wanger,” pungkas kades Suyono(AR)

 

Berita Terkait

Baca Juga