Rapat Terbuka Senat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kaltim di Hadiri Danrem 091/ASN

INFODESA, NASIONAL121 Dilihat

SAMARINDA, INFODESANEWS – Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Dendi Suryadi, SH, MH, M.Si, menghadiri Rapat Terbuka Senat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kaltim di Ballroom Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Rabu, (13/7/2022).

Rapat Terbuka Senat sekaligus Wisuda II Strata 1 mahasiswa/mahasiswi UNU Kaltim dipimpin sekaligus dibuka Rektor UNU Kaltim KH Farid Wadjdy.

Dalam rapat ini, Gubernur Isran Noor menyampaikan orasi ilmiah dengan tema Menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Kompetitif menuju Ibu Kota Nusantara.

Mengawali orasinya, Gubernur Isran Noor menegaskan pembangunan SDM untuk kualitas dan kompetensinya, tidak lain adalah pendidikan.

“Tidak ada kata lain, pendidikan. Itu kunci kita untuk kualitas, daya saing dan kompetensi SDM,” katanya.

Karenanya, mendorong percepatan pembangunan SDM, Gubernur mengakui dirinya bersama Wagub Hadi Mulyadi menetapkan RPJMD yang didalamnya termuat Program Beasiswa Kaltim Tuntas.

“Kepada anak-anakku, wisudawati dan wisudawan UNU, silahkan melanjutkan S2. Pemprov sudah menyediakannya. Ya, paling tidak tahun awal ini bisa 5 orang,” ungkap orang nomor satu Benua Etam. ini.

Selain itu, indikator kesejahteraan rakyat dan peningkatan kualitas SDM juga telah mengalami kemajuan dalam bidang IPM (Indeks Pembangunan Manusia).

Dimana, Kaltim sudah naik menjadi 76,88 dan kondisi ini bisa mengalahkan DI Yogyakarta, bahkan dibanding IPM nasional jauh lebih bagus.

Indikator lainnya, income per kapita Kaltim nomor dua nasional setelah DKI Jakarta. Juga gini ratio Kaltim jauh lebih baik dari gini ratio nasional.

“Kita 0,33. Artinya, kesenjangan antara orang kaya dan miskin mengecil atau tidak terlalu jauh,” sebutnya.

Indikator lain, terkait umur atau angka harapan hidup dimana tahun 2019 itu Provinsi DIY memiliki warga umur paling panjang sekitar 74,66 tahun dan Kaltim nomor dua, berumur 74,44 tahun.

“Selisihnya 0,22 tahun. Tapi, tahun 2021 itu Kaltim naik 74,88 tahun dan ini mengalahkan DIY,” jelasnya.

Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Dendi Suryadi, SH, MH, M.Si, mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan wisudawan/wati dan keberhasilan para wisudawan/wati tadak lepas dari dorongan dan dukungan oleh para orang tua dan para pengajar. Sebagai alumnus harus membawa nama baik almamater dan dapat memposisikan yang baik di tengah tengah masyarakat.

“Dalam era kemajuan dunia digital dan diharapkan para alumnus dapat memberikan sumbangsih dan pemikiran yang terbaik bagi bangsa demi terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa yang adil dan makmur,” ucapnya.

Acara dilanjutkan penyerahan secara simbolis mobil operasional dari Pemprov Kaltim ke UNU Kaltim dan penyerahan penghargaan kepada wisudawan berprestasi oleh Gubernur Kaltim didampingi Rektor UNU.(Mur)*

Berita Terkait

Baca Juga