Secara Road Show Duta Swasembada Gizi Lamsel Kunjungi Posyandu Posyandu

INFODESA137 Dilihat

(ft dokumentasi Hj Winarni Nanang Ermanto yang juga Duta Swasembada Gizi Lamsel Saat di Kecamatan Candipuro)

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Lampung Selatan, Hj Winarni Nanang Ermanto yang juga Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, kembali melakukan kunjungan kerja ke Posyandu Posyandu yang ada di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

Kali ini Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, secara Road Show mengunjungi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang ada di Kecamatan Candipuro. yang didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan, Yani Thamrin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), Anasrullah, Kepala Bidang PAUD, Ahmadin dan Kasi Kesehatan Gizi Keluarga, Dewi Yurniati. Rabu (8 /7 /2020)

Hal tersebut dilakukan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan untuk mencegah dan Penanganan Stunting di Lampung Selatan. oleh Duta Swasembada Gizi Kabupaten setempat , Hj. Winarni Nanang Ermanto.

Hj. Winarni Nanang Ermanto mengatakan bahwa program Swasembada Gizi ini merupakan program yang bersifat gotong-royong untuk seluruh lintas sektor. Dimana semua pihak berkewajiban untuk bergerak bersama dalam mengentaskan Stunting di Lampung Selatan dengan saling memperhatikan gizi anak-anak sejak dini.

“Anak-anak adalah tanggung jawab kita semua, baik masa sekarang maupun dimasa akan datang. Saya rasa tidak akan tuntas Stunting di Lampung Selatan tanpa kepedulian kita semua, untuk itu Program Swasembada Gizi ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat dan intas sektor, mulai pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten, jajaran TNI, Polri serta seluruh masyarakat terutama masyarakat Lampung Selatan”,kata dia dalam sambutannya.

Menurutnya dalam komitmen Program Swasembada Gizi ada Lima Program Swasembada Gizi, diantaranya.

Layanan KIAK (memastikan Ibu hamil mendapatkan layanan Kesehatan yang berkualitas di 1.000 hari kehidupan dan melahirkan di fasilitas kesehatan) 2. Layanan Gizi (seluruh Desa menyediakan Konsultasi Gizi di Posyandu dan memastikan masyarakat mengkonsumsi Gizi Seimbang) 3. Layanan Air Minum dan Sanitasi (memastikan masyarakat mengkonsumsi air minum yang sehat dan berkualitas serta memastikan masyarakat memiliki jamban sehat) 4. Layanan Sosial (dukungan Ekonomi Mandiri serta menggerakkan Kepedulian Sosial) dan yang kelima Layanan PAUD (mengedukasi para orang tua dan anak didik PAUD untuk berprilaku Gizi Seimbang serta menyediakan Makanan Bergizi di setiap layanan PAUD).
“Saya minta segera bentuk kader-kader Swasembada Gizi di Desa-desa agar Program Swasembada Gizi dapat benar-benar berjalan dengan baik dan dapat menuntaskan Stunting di Lampung Selatan, Mari kita bersama-sama bekerja sama menuju Lampung Selatan bebas stunting dimasa mendatang hanya dengan kegotong royongan dan sama-sama kerja ini semua dapat terwujud.”kata dia diujug sambutannya.

Diketahui dalam Road Show nya Hj. Winarni selain mengunjungi Posyandu Embun Pagi 1 Desa Sinar Palembang dan Posyandu Teratai Desa Beringin Kencana juga Posyandu Dahlia 2 Kecamatan Candipuro,

Diakhir kunjunganya Winarni Nanang Ermanto beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Candipuro, Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka. UPT) Puskesmas Candipuro, Sunardi, Kepala Desa se-Kecamatan Candipuro dan Ketua TP PKK se-Kecamatan Candipuro menandatangani Komitmen Bersama dalam Penyelenggaraan Program Swasembada Gizi di Kecamatan Candipuro. (Sg)

Berita Terkait

Baca Juga