Sesuai Instruksi Bupati Dinas PU-PR Normalisasi Gorong-Gorong di Candimas Natar

INFODESA130 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – Guna mengantisipasi terjadinya kembali banjir yang sempat merendam areal persawahan warga dan menimbulkan genangan air di Jalinsum tepatnya di Desa Candimas Kecamatan Natar. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Kabupaten Lampung Selatan, menormalisasi gorong-gorong yang berada di Dusun 3 Desa Candimas Kecamatan Natar, Rabu (3/11/2021)

Kepala Dinas PU-PR Kabupaten Lampung Selatan,Hasby Aska mengatakan, Normalisasi ini kita lakukan sesuai instruksi Bupati Lampung Selatan, H Nanang Ermanto.

“Sesuai arahan dan instruksi Bapak, kita langsung koordinasi dengan pihak Bandara Radin Inten II untuk melakukan normalisasi. Alhamdulillah kita sepakat untuk melakukan pengerukan di gorong-gorong yang menyebabkan banjir yang terjadi beberapa waktu lalu dengan mengunakan alat berat Ekskavator milik perusahaan.”kata dia.

Menurutnya, penyebab terjadinya banjir yang terjadi beberapa waktu lalu akibat gorong-gorong yang mampet dan endapan lumpur serta banyaknya sampah yang menyumbat saluran Box Culvert yang berada di ujung runway 32 Bandara Raden Intan II.

“Mudah-mudahan setelah kita lakukan pengerukan dilokasi tersebut tidak terjadi kembali banjir.”ujar Hasby.

Sementara itu, Exekutif General Manager Bandara Radin Inten II Lampung, M. Hendra Irawan menjelaskan, selain endapan lumpur, tersumbatnya saluran air pada gorong-gorong yang berada pada runway 32 tersebut, juga karena banyaknya sampah yang menyangkut pada gorong-gorong tersebut.

“Sesuai arahan pimpinan kami, sebenarnya tiap tahun kami antisipasi dengan melakukan pengerukan guna mengantisipasi genangan air pada runway bandara,” ujar Hendra Irawan.

Hendra Irawan menambahkan, selain mengantisipasi meluapnya air di sekitar wilayah Branti dan Candimas, pengerukan itu juga dalam rangka mengantisipasi cuaca ekstrem yang dapat berdampak terhadap gangguan operasional penerbangan.

“Alhamdulillah siang tadi sudah kita lakukan pembersihan sampah yang menyumbat di saluran box culvert di ujung runway 32 ,” pungkasnya. (Red) sumber Diskominfo Lamsel

Berita Terkait

Baca Juga