Siswa dan Guru SMPN 3 Burau Luwu Timur Dilatih Buat Ecobrick

PENDIDIKAN257 Dilihat

LUWU TIMUR, INFODESANEWS – Dalam upaya meminimalisir sampah plastik di lingkungan sekolah, maka siswa SMP Negeri 3 Burau, kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur diberikan pelatihan membuat Ecobrick, Jumat (13/09).

Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang siswa dan guru yang dibimbing langsung oleh komunitas Ecobrick SELARAS yang dipimpin Noni Firdaus.

Kepala SMP Negeri 3 Burau, Kaslam mengungkapkan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan keterampilan kepada siswa bagaimana mendaur ulang sampah plastik agar lingkungan sekolah termasuk di masyarakat pada umumnya bebas dari sampah plastik yang berpotensi merusak lingkungan .

“upaya ini kami lakukan untuk mengajari para siswa agar dapat menjaga lingkungan dengan memanfaatkan limbah plastik yang ada di lingkungan sekitar, dengan cara ini kerusakan lingkungan dapat diminimalkan “ terang Kaslam

Ecobrick adalah metode meminimalisir sampah dengan media botol plastik yang diisi penuh dengan sampah anorganik, yakni sampah yang tak dapat diuraikan atau membutuhkan waktu lama untuk terurai, hingga benar-benar keras dan padat.

Tujuannya adalah untuk mengurangi sampah berbahan dasar plastik, serta mendaur ulangnya dengan media botol plastik untuk dijadikan sesuatu yang berguna.

Pada kesempatan ini, siswa yang tercepat menyelesaikan ecobricknya diberikan hadiah botol berkali pakai ,sedangkan siswa yang berhasil menjawab kuis diberi hadiah sedoton stainlis ramah lingkungan.(yul/yn)

Berita Terkait

Baca Juga