Siswanto Dukung Bupati Blora Langkah Cepat Perbaikan Infrastruktur Jalan Dengan Meminjam Dana

NASIONAL138 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS | Melihat secara langsung 78 persen infrastruktur jalan yang rusak, menjadikan pemerintahan kabupaten Blora yang di komandoi Bupati Blora H. Arief Rohman S.IP,.M.Si dan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM, bersama DPRD Blora harus berfikir ekstra untuk memperbaiki jalan yang rusak mencapai ratusan kilometer.

Tidak kecuali Wakil Ketua DPRD Blora Siswanto, SPd, MH mendesak agar Bupati Blora segera bergerak dan mengambil langkan cepat untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang rusak, di wilayah kabupaten Blora, apapun itu caranya walau mengajukan utang sekalipun.

Pada kesempatan itu, Wakil rakyat dari Partai Golkar itu mintka agar bupati duduk bersama dengan DPRD Kabupaten Blora membahas langkah percepatan dengan membuat ajuan pinjaman kepihak lain.

” Saya setuju jika pinjaman dilakukan untuk penanganan infrastruktur saja, khususnya perbaikan jalan dan jembatan. Bukan untuk kepentingan lainnya,’’ ujar Siswanto Kamis (18/3/2021).

Menurut nya, melihat rusaknya jalan, ajuan pinjaman yang dibutuh sebanyak Rp500 miliar. Dana itu bisa untuk membangun 150 kilometer jalan yang rusak berat.

” Artinya, PR jalan rusak selesai 50 persen,’’ tambahnya.

Lebih lanjut Ketua DPD Golkar Blora ini mengungkapkkan, kondisi jalan rusak di Kabupaten Blora mencapai 964 kilometer (78 persen) dari total ruas jalan Kabupaten Blora yang mencapai 1,200 kilometer. Dari 964 kilometer tersebut, 300 kilometer di antaranya rusak berat, 664 rusak sedang.

” Kami mendukung wacana Bupati Blora untuk melakukan pinjaman. Hai itu disampaikan H. Arief Rohman S.IP,.M.Si pada rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blora, usai pelantikan. semoga segera terrealisasikan,’’ katanya.

Mengenai kemana harus meminjam, Siswanto mengusulkan agar Bupati Blora H. Arief Rohman S.IP,.M.Si mengajukan pinjam ke pemerintah pusat melalui program Pinjaman Daerah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui PT. SMI (Persero) yang di bawah koordinasi Kementerian Keuangan.

Pinjaman daerah melalui PEN bunga rendah, bisa diangsur 2 sampai 7 tahun dengan menggunakan APBD Kabupaten Blora. Dia mengusulkan Bupati Arief Rohman bisa gerak cepat agar bisa realisasi pada APBD Kabupaten Blora Tahun Anggaran 2022.* Red/Jalmo.

Berita Terkait

Baca Juga