SMK Warga Surakarta Adakan Seminar Kewirausahaan di Kampus Setempat

PENDIDIKAN187 Dilihat

SURAKARTA, INFODESANEWS, SMK Warga belum lama ini mengadakan seminar kewirausahaan dengan  menghadirkan narasumber dan traineer bidang kewirausahaan, Direktur Sekolah Vokasi UMS, Dr Ir Suranto ST MM MSi. Seminar tersebut memberikan materi cara memulai usaha dan menjalankan usaha. Diharapkan, peserta memiliki passion di bidang wirausaha agar sesuai dengan bakat dalam menjalankan usahanya. Selain itu,  siswa harus mampu dan praktek membuat rencana bisnis (business plan) dan SWOT analisis dan Business Model Canvas (BMC).

Tentu aspek dalam menjalankan bisnis sudah dipikirkan melalui aspek pemasaran, aspek teknologi, aspek SDM, aspek keuangan dan aspek produksi, aspek hukum/legalitas. Cara menjalankan bisnispun harus membangun mental wirausaha terlebih dahulu dan menjalankan bisnis bisa menggunakan konsep BOTOL (Berani Optimis Tenaga OrangLain), BOBOL (Berani Optimis, Bisnis OrangLain), BODOL (Berani, Optimis, Duit, OrangLain) hal ini sesuai yang disampaikan Bos Primagama saat itu Mas Purdi Chandra.

Peserta kegiatan seminar sebanyak 70 peserta dan beberapa guru pendamping. Peserta sangat antusias dengan kegiatan tersebut, ketika pemateri memberikan materi dengan jenaka dan diselingi dengan Sulap dan Hypnotis. (*)

Berita Terkait

Baca Juga