Tarling di Getas, Wakil Bupati Paparkan Rencana Pembangunan Jalan

BLORA,INFODESANEWS – Kegiatan Safari Ramadhan yang dikemas dengan Tarawih Keliling (Tarling) dimanfaatkan Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si untuk menyampaikan perencanaan pembangunan kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan pada Senin petang (27/5/2019) ketika mengikuti kegiatan Tarling bersama Majelis Wakil Cabang (MWC) NU di Desa Getas, Kecamatan Kradenan.

Di depan ratusan warga Desa Getas yang malam itu memadati Masjid Al Fatah, Wakil Bupati menyampaikan beberapa rencana pembangunan infrastuktur jalan dan jembatan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Kradenan. Utamanya Jl.Randublatung-Getas.

“Perbaikan jalan Randublatung-Getas akan dilanjutkan tahun ini dengan betonisasi. Tahun ini ada pagu anggaran Rp 2 miliar untuk melanjutkan pembetonan tahun lalu. Akan kami usahakan jalan sepanjang 17 kilometer ini bisa selesai dibeton semua pada akhir 2020. Semoga tahun depan bisa dapat anggaran Rp 20 miliar untuk menyelesaikan sisanya,” ungkap Wakil Bupati.

Pihaknya berharap Jl.Randublatung-Getas nantinya bisa menjadi akses utama penghubung Kabupaten Blora dan Kabupaten Ngawi.

Untuk pembangunan jalan dari batas Getas sampai Ngawi-nya nanti akan kita koordinasikan dengan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi. Beberapa waktu lalu saya sudah sowan ke Adm Perhutani KPH Ngawi. Harapannya kedua Kabupaten baik Blora maupun Ngawi bisa sama-sama membangun dari wilayahnya masing-masing sehingga Randublatung tembus Ngawi terwujud,” lanjut Wakil Bupati.

Jika ini terwujud, bukan tidak mungkin Desa Getas akan menjadi pusat ekonomi baru di ujung selatan Kabupaten Blora. Dampaknya perekonomian beberapa desa hutan di sekitarnya akan bisa tumbuh dengan baik.

“Setelah bisa tembus Ngawi, target selanjutnya adalah penghubung Getas ke Nglebak. Tahun depan Jembatan Bengawan Solo di Medalem yang menghubungkan Kradenan menuju Ngraho juga akan dibangun, kerjasama Blora dengan Bojonegoro. Sehingga warga Kradenan dan sekitarnya akan lebih dekat menuju Ngraho untuk melakukan aktifitas ekonominya,” terang Wakil Bupati.

Pembangunan infrastruktur memang sangat penting, karena menurutnya disitulah nadi perekonomian akan tumbuh. Hanya saja kondisi anggaran yang dimiliki Pemkab Blora belum bisa untuk menangani semuanya sehingga dilakukan secara bertahap.
Malam itu, Wakil Bupati dengan didampingi Kepala Desa Getas, Subowo , juga menyempatkan untuk meninjau Jembatan Kedunggede yang berada di jalan penghubung Desa Getas menuju Desa Nglebak. Jembatan yang terbuat dari kayu ini beberapa waktu lalu sempat longsor sisi pondasinya sehingga butuh pembangunan.

“Malam ini (semalam-red) kami ambil juga kondisi jembatan Kedunggede yang beberapa waktu lalu sempat viral di medsos dan memang kondisinya mengkhawatirkan sehingga perlu perbaikan. Akan kami sampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang agar bisa dianggarkan pembangunannya,” ujar Wakil Bupati.

Kepala Desa Getas, Subowo menyambut baik kunjungan Wakil Bupati ke wilayahnya. Dirinya berterimakasih atas kedatangan Wakil Bupati sehingga apa yang dibutuhkan desanya bisa disampaikan agar mendapatkan perhatian dari Kabupaten. Sedangkan untuk jalan desa di Getas, menurutnya sudah mulai dibangun dengan APBDes (Dana Desa) dengan paving. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)

Berita Terkait

Baca Juga