UMS Gandeng Mitra UMKM Guna Peningkatan Skill Melalui Program Magang Wirausaha Mahasiswa

SOLO – INFODESANEWS, Kegiatan magang UMKM pada program wirausaha merdeka Universitas Muhammadiyah Surakarta dimulai. Sejumlah 876 mahasiswa wirausaha merdeka yang didanai Kemendikbud Ristek 2022 yang berada dalam pengelolaan wirausaha merdeka UMS melakukan magang UMKM, Senin (3/10). Kegiatan magang di UMKM mitra ini diharapkan mampu meningkatkan skill, pengetahuan dan mengasah bakat mahasiswa dalam meniti karir di bidang wirausaha. Total jumlah Dosen pembimbing lapangan ada 89 dosen, dan sebagian besar Dosen Pembimbing Lapangan telah melakukan penyerahan pada pihak UMKM mitra dan melakukan koordinasi untuk melepas mahasiswanya ke mitra UMKM.

Ide-ide bisnis dan cara membuka mindset bisnis, melakukan bisnis, mulai dari bahan baku hingga pemasaran produk usaha dapat dipelajari, diamati, ditiru dan dimodifikasi menjadi model bisnis baru. Tentu hal ini menjadi pelajaran dan pengalaman berharga bagi para mahasiswa dalam mengasah bakat wirausaha.

Mitra UMKM yang terlibat dalam kegiatan wirausaha merdeka UMS sejumlah 137 UMKM, dan 89 Dosen Pembimbing Lapangan yang terdiri dari dosen UMS dan dosen pembimbing lapangan dari masing-masing mahasiswa berasal (luar UMS), dan 876 mahasiswa UMS dan luar UMS, jelas Nurhidayat. MPd (PIC program magang UMKM), dalam sambutan penyamaan  persepsi magang program wirausaha merdeka antara mitra UMKM, pengelola dan Dosen Pembimbing Lapangan.

Mitra UMKM juga menyambut gembira dan senang dengan program wirausaha merdeka ini, tentu mahasiswa dapat belajar dan dapat membantu menularkan ilmu pengetahuan dunia kampus pada dunia industri, saling kolaborasi, sinergi untuk saling memajukan ekonomi dan kesejahteraan di UMKM. Bagi mahasiswa sendiri juga bermanfaat sebagai peningkatan pengetahuan dan belajar di lapangan (mitra Dunia Usaha Dunia Industri) agar dapat terjun secara langsung mempraktekkan keilmuan yang dimiliki dan dapat menimba ilmu  secara langsung di dunia usaha, jelas Kristanti Wulandari, Rafida Batik Sragen.

Kegiatan magang mahasiswa dilaksanakan selama 70 jam minimal, dengan durasi waktu tanggal 3-28 Oktober 2022. Mahasiswa membuat logbook kegiatan dan Dosen Pembimbing lapangan juga membuat laporan harian, hal ini untuk mengetahui perkembangan usaha magang kondisi mahasiswa. Pihak mitra UMKM dan DPL memberikan penilaian dan memberikan bimbingan agar capaian pembelajaran tercapai.  Mitra UMKM 137 tersebut diantaranya bidang bisnis ekspor, kuliner, olahan, konveksi dan budidaya serta masih banyak lainnya. (anto/hr/red Solo)

Berita Terkait

Baca Juga