Diperkirakan Bulan Maret DD Lampung Selatan Akan Cair

INFODESA17 Dilihat

Lampung Selatan, Infodesanews.com – ‎Dana Desa (DD) tahun 2018 di Kabupaten Lampung Selatan, di perkirakan dapat dicairkan di bulan Maret. Hal ini disebabkan adanya keterlambatan dalam penetapan prioritas penggunaan dana desa tahun 2018 oleh Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan, Dulkahar, mengatakan, hal ini terdapat sejumlah perubahan teknis pencairan DD, menyusul pergantian Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 50 menjadi PMK 225 dan 226 tahun 2017.

“Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. yang tadinya hanya Dua tahapan pencairan . Namun untuk tahun ini berubah menjadi tiga tahapan yakni, 20 persen, 40 persen dan 40 persen lagi untuk tahapan terakhir,” jelas Dulkahar, Kamis (1/2).

Dulkahar pun mengatakan, DD Lampung Selatan tahun 2018, mengalami kenaikan sebesar Rp.15 Milliar, dibandingkan sebelumnya.‎ Secara keseluruhan, total DD di Bumi Khagom Mufakat mencapai Rp.225 Milliar.

“Sebelum berubah dari PMK 50, diketahui bahwa ada peningkatan sebesar Rp.20 Milliar. Tapi, setelah ada perubahan, menjadi Rp.15 Milliar,”ujarnya.

‎Selain itu, penetapan prioritas penggunaan DD untuk tahun 2018, lebih menyesuaikan proporsi dana yang dibagi rata, serta memberikan afirmasi pada kategori desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

“Lebih adil kalau menurut saya soal penetapannya. Jadi, bagi Desa tertinggal itu dialokasikan besar. Desa yang tidak ditetapkan masuk dalam kategori miskin oleh Pemerintah Pusat, mendapat lebih kecil. Ada alokasi khusus untuk Desa yang tertinggal,” papar Dulkahar.

“Jadi adil, Desa kecil dapatnya kecil, Desa besar dapatnya besar. Desa miskin dapatnya besar, Desa besar tapi miskin dapatnya lebih besar,”pungkasnya . (SG)