DPK Blora Optimalkan Pembinaan Literasi Sekolah Pingiran

PENDIDIKAN59 Dilihat

Blora, Infodesanews.com – Sejalan dengan program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dalam amanah Perpres No 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter dan momentum Hari Kunjungan Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca yang diperingati pada tanggal 14 September 2017, DPK (Dinas Peepustakaan dan Kearsipan) Pemda Blora melaksanakan optimalisasi pembinaan literasi di sekolah dasar. Kegiatan yang dilaksanakan dengan jumlah sasaran 32 lokasi ini tersebar merata di seluruh wilayah kecamatan se Kabupaten Blora.

Dok. Asik Membaca

Menurut Drh. R. Gundala Wejasena MP, Kadin DPK kegiatan ini dimaksutkan untuk meningkatkan potensi literasi pelajar sekolah dasar, khusunya bagi sekolah yang memiliki lokasi jauh dari layanan menetap perpustakaan umum kabupaten.

“ dengan keterbatasnya jumlah buku di setiap sekolah DPK (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Pemda Blora melaksanakan optimalisasi pembinaan literasi di sekolah dasar.  dalam membantu siswa didik merangsang untuk dapat melaksanakan kegiatanya membaca beraneka ragam buku lebih kurang 15 menit,” ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Perpustakaan ini oleh Slamet Widodo, MSi selaku kepala bidang, menyampaikan bahwa prioritaskan untuk sekolah pinggiran.

“ Banyak kita jumpai di sekolah pinggiran dalam pengelolaan perpusnya sangat minim sekali, bahkan terkesan amburadul dan apa adanya, sehingga dengan keadaan yang begitu siswa di sekolah pinggiran tidak ada minat untuk membaca,” ungkapnya.

“ Dengan adanya DPK (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Pemda Blora melaksanakan optimalisasi pembinaan literasi di sekolah dasar, kesekolah membawa dampak tersendiri buat siswa sehingga animo baca saat kunjungan DPK sangat antusias dan dinanti,” ungkapnya lagi.

“ Tugas kami Dari DPK memaksimalkan  potensi literasi mereka, sekaligus mensosialisasikan akan urgensitas perpustakaan sebagai sarana belajar sepanjang hayat,” pungkas  Slamet Widodo, MSi.

Data dari DPK Setiap hari semua armada pusling melaksankan kunjungan, terhitung sejak awal september hingga akhir november 2017 nanti.  Semua sekolah mendapat jadwal untuk di kunjungi. ( AR/Farid)