Dua Kecamatan di Lutra di Porak Porandakan Angin Puting Beliung

PERISTIWA129 Dilihat

LUTRA(SULSEL), INFODESANEWS – Bencana angin puting beliung kembali melanda wilayah yang berjuluk Bumi Lamaranginang Kabupaten Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel). Di saat hampir bersamaan, puting beliung menyerang dua desa di Kecamatan berbeda.

Di Desa Mario Kecamatan Baebunta dan di Desa Polewali Kecamatan Baebunta Selatan, Jumat(31/1/2020) pukul 17.25 Wita, angin kencang menerjang pemukiman penduduk yang mengakibatkan sejumlah rumah mengalami kerusakan. Umumnya, atap rumah rusak dan beterbangan.

Selain rumah warga rusak, sejumlah pepohonan bertumbangan dan dua bangunan sarang Walet pirak poranda karena diterjang angin. Beberapa pohon yang tumbang di dua desa tersebut bahkan sempat menutup akses jalan desa.

“Tim kami sudah bergerak untuk mengevakuasi pohon tumbang yang menutup akses jalan,” tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara, H. Muslim Muhtar pada media ini, Sabtu(1/2/2020), seraya menambahkan di Desa Mario dua rumah tertimpa pihon tumbang serta 20 unit rumah dan dua bangunan sarang Walet porak poranda utamanya bagian atapnya di Desa Polewali dan laporan yang kami terima tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Juga beberapa hektar lahan tanaman jagung rusak akibat terjangan angin puting beliung tersebut.

Kerugian akibat kerusakan rumah warga belum bisa diperkirakan. Menurut Kepala BPBD Lutra H.Muslim Muhtar, pihaknya sedang mengecek kondisi rumah warga terdampak angin puting beliung guna melakukan assesment serta mengetahui kebutuhan mereka.

Pihaknya akan mengusahakan bantuan sesuai dengan tingkat kebutuhan warga terdampak.

“Prioritas pertama adalah makanan atau kebutuhan dapur dulu. Selanjutnya untuk bantuan bahan bangunan, kami sesuaikan dengan kebutuhan setelah kami cek,”pungkasnya.(yustus)

Berita Terkait

Baca Juga