Hanjuang Bodas mendapat apresiasi dari Diknas Kota Bogor dalam Lomba baca Puisi Bogor Raya

PENDIDIKAN253 Dilihat

Bogor, Infodenews- Yayasan Budaya Hanjuang Bodas (YBHB) yang didukung Yayasan Satyacitra Indonesia (YSCI), Forum Sastra Bogor dan SMK Pariwisata Kota Bogor. Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan YBHB mendapatkan dukungan dan apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor. Hal itu disampaikan Sekreraris Dinas Pendidikan Kota Bogor (Sekdis Disdik) H. Jana Sugiana yang mewakili Kepala DISDIK Kota Bogor yang tengah ada kegiatan penting lainnya (Minggu, 18-03-18).

“Disdik Kota Bogor mendukung kegiatan dilaksanakan oleh para seniman, budayawan yang tujuannya untuk meningkatkan prestasi siswa-siswi sekaligus meningkatkan pendidikan karakter. Terlebih isi dan konteks puisinya baik puisi Indonesia maupun bahasa Sunda ada muatan lokal yang bernilai sejarah”, ujar Sekdis Jana yang lebih dari 30 tahun tinggal di Kota Bogor.

 

Ace Sumanta yang dikenal penyair dan budayawan Bogor dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih pada Pemda Kota Bogor khususnya Disdik yang selalu mendukung dan terbuka pada siapapun yang memajukan Bogor. Ace yang juga Ketua Umum YSCI menyerahkan piala dan sejumlah hadiah untuk pemenang. “Kami merasa dihargai oleh panitia dan SMK Pariwisata Kota Bogor yang telah memilih puisi penyair Bogor Ace Sumanta dan Rida Nurdiani sebagai materi yang diperlombakan.

 

Dewan juri terdiri dari; Rachmat Iskandar, Wira Rahayu, Joko Prasetyo dan Ace Sumanta telah memilih pembaca puisi yaitu:
A. Puisi Bahasa Indonesia:
Juara 1, Tasya Cintya (SMPN 20), Juara 2, Evi Tuti (SMPN 3), Juara 3, Raden Siti Muniah (SMPN 3).
Harapan 1 diraih Herlangga S (SMPN 11), harapan 2, M. Farhan Mulyadi (SMPN 3).
Pemenang Baca Puisi Sunda yaitu;
Juara 1, Tasya Cintya (SMPN 20), juara 2, Siti Nurandini (SMP YP Pembangunan), juara 3, Siti Hamidah (MTs. Fathussaadah).
Harapan 1, Imelda Nuesafitri (SMP YP Pembangunan), harapan 2 Vira Hemilia Oktaviani G (SMPN 11).
Ketua panitia Neneng Nurjanah mengatakan kegiatan ini Insya Allah akan digelar setiap tahun. Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya acara ini. Kegiatan selain dihadiri peserta juga budayawan sepuh Eman Sulaeman, Ibrahim Basalmah, Entjep Soekardi, juga kepala SMK dan guru.

Ketua Yayasan Hanjuang Bodas, R Neneng Nurjanah sebagai pencetus Kegiatan Lomba baca Puisi Bogor Raya membuktikan eksistensi Yayasan Hanjuang Bodas di bawah kepemimpinannya dalam bidang Seni dan Budaya.

“Yayasan Hanjuang Bodas akan terus menggelar event-event Budaya sebagai salah satu kerja nyata dalam melestarikan seni dan budaya serta menggali dan mengembangkan bakat deni dan budaya pada generasi muda,” kata R Neneng N.( R. AS, SH)

 

Berita Terkait

Baca Juga