Kasdim Dampingi Kapolres Tulungagung Periksa Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019

INFODESA234 Dilihat

TULUNGAGUNG, INFODESANEWS – Kepala Staf Kodim 0807/Tulungagung Mayor Inf Moh Samsul Hadi, S.Ag dampingi Kapolres dan Bupati Tulungagung mengecek pasukan dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019 dalam rangka Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang dilaksanakan di halaman Kantor Pemkab Tulungagung Jl. Ahmad Yani Timur Tulungagung Jawa Timur, (19/12/2019).

Apel yang dilaksanakan dalam rangka pengamanan perayaan hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia, S.I.K., M.M., M.H.

Kapolres Tulungagung menyebutkan bahwasanya Polres Tulungagung memberikan perhatian khusus ke titik-titik wisata selama Operasi Lilin Semeru 2019. Sebab banyak destinasi wisata yang diperkirakan banyak dikunjungi wisatawan.

“Khususnya Pantai Gemah dan pantai-pantai lain. Atau wisata alam yang ada di wilayah Kecamatan Sendang.” ujar Kapolres Tulungagung.

Kapolres menjelaskan, total ada 526 personil gabungan dalam Operasi Lilin Semeru 2019 kali ini. Dari jumlah itu 300 orang Polri, sisanya dari TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pramuka dan unsur masyarakat. Ada tujuh pos pengamanan, masing-masing di Ngunut, Ngantru, alun-alun, Pantai Gemah, GOR Lembupeteng dan Rejotangan. Kemudian ada satu Pos Pelayanan di Terminal Gayatri dan dua Pos Pantau di Jembatan Lembupeteng dan gereja. Selain itu ada penjagaan khusus ke akses wisata, seperti di Kalidawir dan Pantai Popoh.

“Ada perhatian khusus ke lokasi wisata yang menjadi perhatian, karena banyak wisatawan yang datang berkunjung.” sambung Kapolres.

Satu pos pengamanan akan dijaga oleh 4 polisi, 2 TNI dan 3 tenaga kesehatan. Namun khusus di Lembupeteng, jumlah personil yang ditempatkan tiga kali lipat. Ada juga Satgas bantuan yang melakukan patroli. Operasi Lilin Semeru 2019 efektif dimulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Hari ini dan besok dimanfaatkan untuk mempersiapkan pos dan panel data.

“Tidak ada rekayasa lalu lintas, karena ini kan bukan Idul Fitri. Lalu lintas tidak seramai Idul Fitri,” tutup Kapolres.(w@h/hrm)

Berita Terkait

Baca Juga