Mahasiswa UMS Magang Wirausaha Merdeka di Natureline,  Produk yang Diminati Warga Hingga Mancanegara

SOLO, INFODESANEWS.COM, Mahasiswa  magang Wirausaha Merdeka Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2023 telah melakukan kegiatan penyerahan kepada mitra magang yaitu “Natureline, Usaha Lilin Aroma Terapi” pada Sabtu (2/9/2023) di Mitra magang Ampel, Boyolali.

Natureline adalah salah satu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Indonesia. Memilih nama Natureline bermula dari inspirasi yang muncul secara alami (natural). Nama tersebut dianggap sesuai dengan bahan baku dan kegunaan produk yang tidak mengandung bahan kimia, dan berkualitas, karena Natureline merupakan lilin aroma yang berbahan baku palm wax (minyak kelapa sawit).

Usaha rumahan yang memproduksi lilin aroma terapi dan hampers asal Desa Candi, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali inj juga mampu meraih juara 3 dalam ajang Hetero Space baru-baru ini. Setelah menyabet juara 3 dalam ajang Hetero For Startup session 2 di Hetero Space, produk Natureline kian dikenal luas. Saat ini penjualan Natureline sudah tembus negara Eropa, Amerika dan Italia.

Arini Khoiriyah, Owner   Natureline mengakui, melalui ajang Hetero Space produknya makin dikenal karena adanya tim marketing acara tersebut yang tertata. Selain itu dirinya juga mendapat ilmu baru terkait pemasaran dan menjalin kerja sama.

“Branding-nya berasa sekali. Orang lebih tahu. Itu hal terpenting dalam usaha. Hetero Space punya tim yang solid tertata, marketing terstruktur. Selain itu jaringan, banyak yang mengajak kerja sama terutama hampers lebaran,” ujar Arini di rumah produksinya Desa Candi, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali.

Untuk proses produksinya dilakukan secara rumahan. Bahkan jika mengalami kenaikan permintaan, ia merekrut ibu-ibu sekitar untuk dipekerjakan. “Kalau ramai kita ajak ibu-ibu untuk berproduksi,” jelasnya.  

Mahasiswa  yang tergabung dalam kelompok WMKUMS31-32 seanyak 10 mahasiswa   diserahkan secara langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan Suyatmin Waskito Adi kepada mitra magang ibu Arini Khoiriyah.  

Acara penyerahan ini merupakan langkah awal dan akan diikuti oleh periode magang yang intensif. Universitas Muhammadiyah Surakarta berharap bahwa mahasiswa akan mengambil manfaat maksimal dari pengalaman ini dan tumbuh menjadi wirausaha yang berpotensi tinggi. UMS terpilih kembali menjadi perguruan tinggi pelaksana Wirausaha Merdeka (WMK), setelah tahun kemarin UMS terpilih sebagai perguruan tinggi pelaksana WMK.

Selama mengikuti kegiatan magang WMK, mahasiswa didampingi oleh mentor dari UMKM, pemateri, dan dosen pembimbing lapangan. Dengan kegiatan magang ini diharapkan dapat mencetak entrepreneur muda yang tangguh. (anto/redslo)

Berita Terkait

Baca Juga