Mencontoh Keiklasan Nabi Ismail Dengan Berkurban

INFODESA69 Dilihat
Nganjuk, Infodesanews.com – Bertempat di Masjid Baitussalam Asrama Kodim 0810 Jl. Anjuk Ladang Dsn. Bedingin Ds. Sukorejo Kec. Loceret Kab. Nganjuk telah dilaksanakan Sholat Idul Adha 1438 H yang diikuti sekitar 500 orang jamaah terdiri dari warga masyarakat dan anggota Kodim 0810/Nganjuk dengan Imam Kyai Mansyur (Takmir Masjid Agung Nganjuk/Purna TNI AD) yang dihadiri oleh Komandan Kodim 0810/Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono S, SE, Kasdim 0810/Nganjuk Mayor Inf Edi Sunarko, S.Sos. Nganjuk,1/9/17.
 
Pada pukul 06.00 WIB jamaah mulai berkumpul di Masjid Baitussalam Asrama Kodim 0810/Nganjuk dilanjutkan pembacaan sambutan dari Bupati Nganjuk Drs. H. Taufiqurrahman. M.KP  yang di bacakan takmir masjid sdr. Sigit. Dalam sambutan tersebut diawali ungkapan
 
Puji syukur kehadirat Alloh SWT yang pada pagi ini dengan penuh nuansa kebahagiaan, kesehatan dan keimanan kita dapat berkumpul untuk menunaikan jama’ah sholat idul Adha.
” Hari ini seluruh umat islam di dunia sedang menjalankan atau merayakan hari raya idul adha. Dan bagi yang melaksanakan ibadah haji dari seluruh penjuru dunia berkumpul sedang melaksanakan wukuf di arrofah. Ucapan terimakasih pada seluruh warga masyarakat Nganjuk yang sudah bisa menciptakan suasana kondusif, aman dan damai dalam menjalankan sosialisasi bermasyakat dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Oleh karena itu bagi warga masyarakat muslim selamat merayakan hari raya idul adha 1438 H,” ungkapnya.
 
Pada Pukul 06.30 WIB Sholat Idul Adha dengan Imam Kyai Mansyur dimulai. Setelah Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan Khotbah oleh Kyai Mansyur yang intinya   Mengajak para jamaah Sholat Idul Adha untuk meningkatkan rasa syukur kita kehadirat Alloh SWT dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.
“Hari ini disunahkan bagi umat muslim untuk menyembelih hewan kurban bagi yang mampu diberikan jangka waktu 3 hari tasrek dan disunahkan pula untuk memakan bagian hatinya untuk dimakan sebagai hidangan yang pertama dimakan pada hari ini. Mengajak para jamaah agar senantiasa mengambil hikmah dari hari Raya Idul Adha ini karena Nabi Ibrahim dengan keikhlasannya telah berani untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail sebagai bentuk pengabdian kita sebagai hamba Alloh SWT yang mana selanjutnya oleh Alloh SWT kurban tersebut diganti dengan seekor domba. Berharap kepada jamaah yang mampu untuk melaksanakan ibadah haji seyogiyanya segera melaksanakannya, termasuk ibadah kurban binatang ternak baik berupa unta, sapi maupun kambing sesuai dengan kemampuan kita masing-masing, “ungkap Imam Kyai Mansyur dalam khotbahnya.
 
Pada pukul 07.10 WIB acara dilanjutkan penyerahan hewan kurban berupa sapi oleh Dandim 0810/Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono S, SE  kepada Takmir Masjid Baitussalam berupa sapi dan kambing . Adapun jumlah ternak yang disembelih di masjid Baitussalam Asrama Kodim adalah sejumlah 1 (satu) ekor sapi dan 6 (enam) ekor kambing yang nantinya akan dibagikan kepada kaum Duafa dan masyarakat di sekitar Asrama Kodim 0810/Nganjuk.(ARAS/ Lettu Arh Yono P)