Partai PKB Memberikan Pelatihan Saksi TPS Agar Memahami Tugas dan Kewajibannya

INFODESA, POLITIK192 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Blora menggelar pelatihan saksi yang akan bertugas saat pemungutan suara pada pemilu 2024 mendatang, di Kantor DPC PKB Blora, Jawa Tengah, Minggu (04/02/2024)

Ketua DPC PKB Kabupaten Blora, Abdul Hakim mengatakan, kegiatan hari ini adalah pelatihan saksi untuk kecamatan Blora kota kita laksanakan tiga sesi pagi, siang dan sore. Pelatihan ini kita lakukan sebelum pemilu kita targetkan DPC PKB harus selesai untuk pelaksanaan pelatihan saksi di masing-masing kecamatan.

“Persesi diadakan 70 setiap saksi, ini artinya semua saksi TPS kita lakukan pelatihan semuanya agar betul-betul di masing-masing TPS dan siap tugasnya sebagai saksi,” terang Gus Hakim

Gus Hakim menambahkan, kita lakukan pelatihan ini supaya saksi tanggap, tahu sebagai saksi biar tidak ada kecurangan atau meminimalisir kecurangan makannya kita lakukan pelatihan saksi se Kabupaten Blora sudah berjalan dan tinggal 2 kecamatan yang kurang.

“Kesiapan saksi mulai dari kesiapan fisik, karena waktunya mulai pukul 07.00 – 12.00 WIB makannya kita tekankan kesiapan fisik, kesiapan materi, android merekam data, alat tulis supaya data bisa di akses secara sebelum saksi masuk TPS mempunyai pandangan terkait tugas dan cara sebagai saksi sudah di bekali semua,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Saksi Pemenangan (LSP) DPW PKB Jawa Tengah, Denny Septiviant menyampaikan, pelatihan saksi tersebut bertujuan agar para saksi nantinya bisa memahami tugas dan kewajibannya saat berlangsungnya pemungutan suara hingga rekapitulasi perolehan suara.

“Peran saksi sangatlah penting pada pelaksanaan pemungutan suara, sehingga mereka nantinya bisa siap dan mengetahui tugasnya. Bukan hanya datang dan melihat proses saja,” ucap Denny yang juga anggota DPRD Jawa Tengah dari Dapil V (Blora-Grobogan) ini.

Berita Terkait

Baca Juga