Ratusan Warga Sidomulyo Jalani Rapid Test Berikut Hasilnya

INFODESA210 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Ratusan warga Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, menjalani Rapid Test massal yang di pusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) Bethik Hati Kecamatan setempat, Senin (7 /9 /2020)

Sebanyak 151 warga Kecamatan Sidomulyo, yang menjalani Rapid test berdasarkan tracking terhadap warga yang kontak langsung dengan wakil Bupati Lampung Selatan Antoni Imam yang sebelumnya dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Ka UPT Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Rocky Sihombing menjelaskan hal ini dilakukan menindak lanjuti adanya tersiar berita yang beredar salah seorang warga Sidomulyo yang dinyatakan positif Covid19, maka Dinas Kesehatan ambil langkah untuk malakukan rapid test terhadap orang-orang yang kontak langsung.

“Setelah menjalani rapid test, hasilnya disampaikan ke Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan, untuk ditindak lanjuti. Apabila reaktif akan dilanjutkan dengan test swab,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Lampung Selatan Kristi Erdarwati menegaskan hasil rapid test akan di sampaikan ke Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan.
“Saya tidak bisa memberi tahu hasil rapid test, nanti biar juru bicara yang menyampaikan,” ujarnya.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, dr Jimmy Banggas Hutapea mengatakan usai melakukan pemeriksaan rapid test massal. Terdapat 1 orang dengan hasil reaktif covid-19 yang telah berkontak dengan AI. Selanjutnya orang tersebut diwajibkan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan dan melakukan pemeriksaan PCR Swab Test.

Terkait hal ini, Jimmy Hutapea mengatakan akan melakukan tindakan pengambilan sample PCR Swab Test kepada warga sidomulyo dengan hasil reaktif pada rapid test.

“Ada warga kita dari sidomulyo yang hasil pemeriksaan rapid testnya reaktif, Besok kami akan kelokasi lagi untuk mengambil sample PCR Swab Testnya dan wajib bagi dia untuk melakukan isolasi mandiri dirumah,” Ujarnya.

“Jika nanti setelah dilakukan periksaan PCR Swab di Laboratorium dan hasilnya positif, maka kami akan melakukan contact tracking kembali di daerah tersebut,” Kata dia saat dihubungi tim via telphone.

Ia, juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perjalanan keluar daerah dengan status Zona Merah. dr. Jimmy berharap agar semua pihak mau bersama-sama melakukan upaya pencegahan pengendalian covid-19 secara ketat dan disiplin, dengan menerapkan protokol kesehatan 3M.

“Mengenai tambahan kasus covid-19 di lamsel, kami gugus tugas melihatnya mereka sebagian besar ada riwayat perjalan dari daerah zona merah. Kami menghimbau jika tidak perlu amat penting sebaiknya menunda dahulu perjalanan tersebut. Kalau pun itu harus dilakukan, harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan ketika pulang wajib melakukan rapid test,” Ucapnya.

“Kami juga mengimbau, agar semua pihak dari pemerintah, masyarakat, tni-polri harus bersama-sama melakukan upaya pencegahan secara ketat dan disiplin. Benar-benar menerapkan protokol kesehatan 3M. Menggunakan masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak,” . pungkasnya. (Sg)

Berita Terkait

Baca Juga