88 PENGGALANG SDN 1 KUTASARI IKUTI PERSAMI

PENDIDIKAN39 Dilihat

BANYUMAS, Infodesanews.com – 88 Pramuka Penggalang Sekolah Dasar Negeri 1 (SDN 1) Kutasari Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas mengikuti Perkemahan Sabtu Minggu (4-5/11) di halaman sekolah. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Kak Dartam, S,Pd.

Turut hadir pada kegiatan Persami, Ketua Kwartir Ranting Baturraden Kak Sugaiyanti, S Pd didampingi beberrapa pengurus. Ketua Kwarran berkesempatan melaksanakan Pelantikan 20 Penggalang Ramu. Mereka yang akan mengikuti Lomba Tingkat II Kwarran Baturraden dalam waktu dekat.

Menurut Dartam peserta persami merupakan para siswa kelas V dan VI. Kegiatan ini bertujuan untuk mempraktekan pendidikan dan pelatihan pramuka yang menjadi ekstra kulilkuler wajib disekolahnya.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membentuk kepribadian, akhlak, dan pengetahuan siswa agar menjadi lebih mandiri, tangguh, bertanggung jawab, dan mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi serta membentuk jiwa sosial para peserta agar mampu berinteraksi dengan masyarakat,” katanya

Dartam menambahkan kegiatan persami penggalang di sekolahnya baru pertama kali dilaksanakan. Menurutnya perkemahan bagi pramuka penggalang merupakan salah satu media pendidikan, melalui kegiatan kepramukaan. Kegiatan ini menjadi salah satu proses pendidikan yang mempersiapkan generasi unggul dimasa akan datang.

“Anak-anak mempraktekkan hidup sederhana, karena sejatinya tujuannya diadakan perkemahan adalah untuk mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan serta membina kerjasama dan persatuan dan persaudaraan,” tambah Dartam.

Salah satu pembina Agus Purwanto mengatakan ada banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam Persami tersebut, diantaranya adalah penyalaan api unggun, teknik kepramukaan lain seperti LKBB, Semaphore, Morse, Panorama, Penjelajahan dan lain sebagainya.

Kegiatan ini juga dipilih Regu Tergiat dimana pada acara penutupan, mereka mendapat penghargaan.