Doa Terkabul…!! Makna Sedekah Subuh

OPINI470 Dilihat

JAKARTA, INFODESANEWS – Orang tua maupun guru di sekolah untuk membiasakan diri dalam melakukan sedekah. “Sedekah berasal dari bahasa Arab, yaitu ash-shadaqah yang berarti sesuatu yang dijadikan sedekah. Asal katanya berasal dari kata ash-shiddiq yang berarti benar, Sabtu (21/1/23)

Sedekah adalah suatu kegiatan pemberian yang ditujukan untuk mengharapkan pahala dari Allah SWT.” lanjut, Ada berbagai jenis sedekah yang bisa kita lakukan.

Salah satunya adalah sedekah subuh. “Sedekah subuh sendiri merupakan kegiatan berbagi, mengeluarkan harta yang dimiliki untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sesuai dengan namanya, sedekah subuh juga dilakukan seusai waktu subuh. “Sedekah subuh juga memiliki keutamaannya sendiri. Jika seorang muslim melakukan sedekah subuh, malaikat akan berdoa kepada Allah SWT bahwa apa yang telah kita keluarkan maka mendapat ganti berlipat ganda.

“Tak hanya itu, Sabda Rasulullah SAW yang berbunyi :”Setiap pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satunya berkata, ‘ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata ‘ya Allah binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah)

Setelah mengetahui makna sedekah subuh, tentu kamu penasaran cara melakukan sedekah subuh dalam Islam. “Tidak harus melalui uang, beberapa cara sedekah subuh di bawah ini bisa jadi inspirasi buatmu.

  • Mengisi kotak amal yang ada di masjid seusai melakukan salat Subuh.
  • Mentransfer uang melalui rekening, bisa untuk orang tua, saudara, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, dan lainnya. Tentunya hal ini dilakukan sesuai subuh juga, ya.
  • Memberi makanan ke tetangga, pondok pesantren, panti asuhan, atau ke tempat lain yang pastinya makanan tersebut akan dimakan.
  • Mengantarkan sumbangan atau bantuan kepada yang membutuhkan dan dilakukan setelah waktu subuh.

Cara melakukan sedekah subuh yang disebutkan di atas adalah beberapa dari banyaknya cara yang bisa kita lakukan. Kalau kamu, sudah melakukan sedekah subuh,” kata Agus Kliwir pangilan akrab.(Red)

Berita Terkait

Baca Juga