Kadisdik Lamsel Pastikan Tahun 2020 UN Tetap Dilaksanakan

INFODESA, PENDIDIKAN107 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS.COM – isu rencana penghapusan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang belakang ini telah beradar ditanggapi Dinas Pendidkan Kabupaten Lampung Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Lampung Selatan, Burhanudin pastikan, penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional (UN) akan tetap dilaksanakan ditahun 2020 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Burhanudin, menjawab pertanyaan masyarakat terkait isu pengapusan program besutan Kemendikbud itu.

Dijelaskan, bahwa sejauh ini belum ada arahan terkait penghapusan UN di tahun 2020.
“Selama belum dicabut atuaranya maka akan tetap dilaksanakan UNBK dan UN.” Kata dia saat diwawancarai sejumlah awak media usai menghadiri kegiatan Rakor Kepala Sekolah, PAUD, TK, SD, SMP Negeri dan Swasta korwil V dan VI, yang dipusatkan di GSG Betik Hati Kecamatan Sidomulyo. Rabu (18/12/2019).

Burhan juga menambahkan, bahwa dalam wacana penghapusan UN belum ada penetapan dari Kemendikbud. Untuk itu, ditahun 2020 ujian nasional akan tetap dilaksanakan.

“Kita harus ikuti aturan, kami (Disdik Lamsel) masih menunggu perintah pusat. Itu kan masih wacana, jika sudah ditetapkan baru kita ikuti,”pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang wali murid mengaku bingung adanya isu rencana penghapusan pelaksanaan UN.

“Saya bingung mas, ada yang bilang nanti ujian nasional mau diganti lagi. Yang pasti saya cuma mikir gimana anak saya bisa mengikuti ujian dengan baik,” ujar Suprapti warga Sidodadi yang anaknya saat ini masih duduk di kelas II ditingkat madrasah itu.

Diketahui, Kemendikbud akan mewacanakan bahwa, mulai taun 2021, siswa di sekolah tak lagi menghadapi ujian nasional sebagai syarat penentu kelulusan.

Dimana sebagai gantinya, mereka akan mengikuti asesmen kompetensi minimum dan survei karakter sebagai syarat kelulusan.

Perubahan sistem penentu kelulusan ini menjadi satu dari empat kebijakan yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melalui program ‘Merdeka Belajar. (Sg)

Berita Terkait

Baca Juga