LSM Paluma Nusantara Berikan Pelatihan Media Warga

INFODESA104 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Sebanyak 45 peserta dari 3 Desa di wilayah Lampung Selatan yakni Desa Suak Kecamatan Sidomulyo, Desa Kunjir dan Sukaraja Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan mengikuti pelatihan Media Warga. Kamis (15/9/2022)

Kegiatan yang dipusatkan di Aula D,sas Caffe Kalianda itu menghadirkan Narsum dari Sanggar Inovasi Desa (SID) Daerah Istemewa Yogyakarta Ahmad Maulana Mizad Hudani Alumnus UGM jurusan Teknik Elektro tahun 2020.

Dikatakan Pelatihan Media Warga salah satu Program LSM Paluma Nusantara. LSM Paluma Nusantara sendiri sebagai mitra pelaksana ASB (Arbeitter-Samariter-Bund) lembaga swadaya masyarakat asing yang berpusat di Jerman.

“Para peserta akan kita bekali cara menulis konten dan mengambil gambar ataupun Vidio seputar kegiatan Desa yang nantinya akan di publikasikan melalui website Desa.”kata Ahmad.

Menurutnya sejuah ini, di Desa Desa yang memiliki website belum semuanya aktif karena keterbatasan dalam menulis konten.

“Dengan diberikannya pelatihan ini diharapkan para peserta yang tergabung dalam Tim Media Warga dapat memberikan informasi tentang kegiatan melalui website Desanya masing-masing.”ujar alumnus Fakultas teknik elektro Universitas Gajah Mada itu.

Sementara itu salah seorang peserta pelatihan Media Warga, Rahma Fariza mengatakan.

“Kegiatan ini sangat berkaitan sekali dengan poksi saya sebagai operator Desa, selain mengajarkan tentang cara penulisan berita,juga berkaitan dengan program Sistem Informasi Desa (SID) untuk menuju Desa lebih aktiv dan kreatif yang dapat di akses melalui website Desa.”kata Oprator Desa Kunjir itu.

Hal yang sama juga disampaikan oleh peserta lainnya. Roni Azi.

Menurutnya dijaman digitalisasi saat ini Desa di tuntut untuk mampu melayani publik atau masyarakat dengan memberikan pelayanan dan mempermudah masyarakat dibidang informasi digital.

“Dengan memberikan informasi yang akurat, transparansi dan akuntabel terkait berita berita yang kita suguhkan untuk masyarakat Desa. Dengan Sistem Informasi Desa (SID) ini, Selain mempermudah perangkat Desa itu sendiri juga mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan administrasi.”ujar Kasi Kasi Pemdes Sukaraja Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan itu.

Ditempat yang sama peserta pelatihan Media Warga, dari Desa Suak Kecamatan Sidomulyo,Rudiartono mengucapkan terima kasih kepada LSM Paluma Nusantara yang telah memberikan pelatihan tersebut.

“Mudah-mudahan apa yang kami dapatkan dapat kami implementasikan dan kami jalani, sehingga masyarakat akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi tentang Desa yang akurat.” Pungkasnya. (Red)

Berita Terkait

Baca Juga